Wapres: Banjir Subang Jangan Terus Berulang

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bayu Hermawan

Wakil Presiden Ma
Wakil Presiden Ma | Foto: Republika/Fauziah Mursid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap banjir besar yang melanda wilayah pantai utara (Pantura) Subang dan Karawang tidak lagi terulang di masa yang akan datang. Wapres berharap setelah penanganan tanggap darurat selesai, dilanjutkan dengan perbaikan jangka pendek, menengah hingga jangka panjang.

Hal ini untuk memastikan bencana banjir yang menyebabkan 38 ribu warga Subang mengungsi dan menderita kerugian materil ini tidak kembali terjadi.

Baca Juga

"Mudah-mudahan tidak lagi banjir tahunan di Subang ini terus berulang-ulang, Kita harus akhiri bencana-bencana ini, mari dengan bekerja keras bersama-sama pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat, dunia usaha, paling tidak kita meminimalisasi supaya korbannya itu minimal bahkan nantinya bisa hilang," ujar Wapres saat menyerahkan bantuan secara simbolis ke pengungsi korban banjir di wilayah Subang Jawa Barat, Sabtu (13/2).

Wapres pun menginstruksikan jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengambil langkah langkah dalam upaya mitigasi bencana banjir. Termasuk rekonstruksi dan normalisasi dari penyebab banjir di Subang yang terjadi setiap tahun.

Ia berharap pembangunan infrastruktur ke depan lebih memperhatikan lingkungan. "Penanganan pascabencana perlu diterapkan prinsip membangun kondisi pasca bencana yang lebih baik, lebih aman dan lebih berkelanjutan," ungkapnya.

Selain itu, ia juga berharap pemulihan pasca bencana banjir mulai jangka pendek maupun jangka menengah, dpt dilakukan dengan melibatkan komponen bangsa mulai dari Pemerintah pusat, pemerintah pemda dan juga masyarakat, dunia usaha dan unsur lainnya.

Tak hanya itu, penting juga disiapkan masyarakat yang sadar dan waspada terhadap bencana. "Termasuk masyarakat senantiasa berdoa agar kondisi wilayah dan masyarakat kondusif kembali dan terhindar dari bencana akan datang," ungkapnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Wapres: Kalau Banjir Berulang Artinya tidak Cerdas

Wapres Tinjau Korban Banjir di Subang dan Karawang

Wapres Sebut Cara Berpikir Sempit Hambat Peradaban Islam

Wapres: Umat Islam Harus Jauhi Cara Berpikir Sempit

Solusi Banjir Subang, Emil Berharap Bendungan Sadawarna

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image