Pemkot Bogor Evaluasi Dampak Ganjil-Genap Terhadap Ekonomi

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Ratna Puspita

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiato
| Foto: Republika/Shabrina Zakaria

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jenal Mutaqin turut menyoroti beberapa hal dari sistem ganjil-genap yang dilaksanakan Pemkot Bogor. Di antaranya mengenai sosialisasi dan edukasi soal kebijakan ganjil-genap dan data Covid-19.

Jenal menilai, masyarakat lebih takut kepada aturan daripada terhadap Covid-19. Sebab, pada penerapan ganjil-genap terdapat penurunan jumlah kendaraan.

"Karena dari dulu Pemkot Bogor melakukan sosialisasi dan edukasi serta sosialisai tidak berpengaruh dan terus meroket terus malah mereka berkerumun. Nah, kali ini ketegasan Polri dengan ganjil-genap, sanksi, atau denda, ini bukti bahwa warga lebih takut terhadap aturan bukan karena Covid-19. Faktanya ya ketika ganjil genap ini ya penurunan angka lalu lintas di Bogor cukup lengang," ujar Jenal.

Karena itu, dia berharap agar kebijakan ganjil-genap tersampaikan kepada masyarakat, dan tidak hanya inovasi di awal. Sebab, menurutnya, selama ini belum pernah ada capaian positif terhadap penurunan angka Covid-19 di Kota Bogor.

Terkait data Covid-19, Jenal juga meminta ada paparan yang jelas terkait jumlah penambahan orang yang terkofnirmasi positif. Diantaranya adalah penjelasan berapa jumlah kasus positif dari orang yang melakukan swab test di hari yang sama.

"Kan kita enggak tahu jadi ukuran penurunan angka Covid itu publik harus betul-betul paham dan mengerti bukan data yang asal-asalan, tapi yang memang secara statistik dinas kesehatan tim Gugus Tugas Covid. Saya harap masyarakat bisa prihatin terhadap laju Covid ini, mudah-mudahan opsi yang bisa dijadikan penyeimbang antara kesehatan tetap kita lindungi usaha tetap berjalan," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


PAN Siapkan Bima Arya Hingga Pasha Ungu untuk Pilkada DKI

Kota Bogor Tunggu Kabar 16 Ribu Dosis Vaksin Tahap Kedua

Kasus Positif Covid-19 Kota Bogor Alami Fluktuasi

Bangun TPT, Pemkot Bogor Ajukan Bantuan ke Pemprov

Pemkot Bogor Buat Aturan Lebih Keras Bagi Pelanggar Prokes

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image