Ade Yasin: Jumlah Relawan Kebakaran di Bogor Belum Ideal

Red: Ratna Puspita

Bupati Bogor Ade Yasin
Bupati Bogor Ade Yasin | Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin mengatakan, jumlah relawan kebakaran di wilayahnya belum ideal dibandingkan dengan jumlah penduduk. Penduduk Kabupaten Bogor saat ini sudah menembus angka 5,4 juta jiwa.

"Kami punya 300 tenaga penyelamat dan 310 relawan kebakaran, mereka adalah tenaga-tenaga terlatih yang siap melakukan penyelamatan di segala medan," kata Ade Yasin usai peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-102 Pemadam Kebakaran (Damkar) di Cibinong, Bogor, Senin (1/3).

Menurutnya, selain tak sebanding dengan jumlah penduduk Kabupaten Bogor yang terbanyak se-Indonesia, minimnya relawan kebakaran juga terkendala luasnya wilayah Kabupaten Bogor, yakni 40 kecamatan dengan 416 desa. Namun, Ade Yasin menyiasatinya dengan optimalisasi kualitas relawan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Baca Juga

"Contohnya kemarin, saat banjir bandang di wilayah Puncak, dalam waktu dua minggu kita bisa selesaikan karena ada sinergi dan kolaborasi yang baik," kata Ade Yasin.

Di samping itu, upaya optimalisasi juga dilakukan dengan menambah tiga unit pelaksana teknis (UPT) Damkar dari tujuh yang kini sudah tersedia. "Tentunya mereka terus meningkatkan kemampuannya seiring dengan perkembangan zaman. Sementara untuk mobil pemadam kebakaran saat ini kita punya 39 unit," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pemkab Bogor Tingkatkan Kampanye Prokes

Ade Yasin Siapkan Penghargaan Teladan Penanganan Covid-19

Kebakaran, Ibu di Turki Lempar 4 Anaknya dari Lantai Tiga

Rumah Mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Firman Gani Terbakar

Kades di Bogor Penilap Rp 900 Juta Dana Desa Ditahan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark