Selasa 02 Mar 2021 06:25 WIB

Ade Yasin: Jumlah Relawan Kebakaran di Bogor Belum Ideal

Relawan kebakaran ini tidak sebanding dengan jumlah penduduk dan luas wilayah.

Bupati Bogor Ade Yasin
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Bupati Bogor Ade Yasin

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin mengatakan, jumlah relawan kebakaran di wilayahnya belum ideal dibandingkan dengan jumlah penduduk. Penduduk Kabupaten Bogor saat ini sudah menembus angka 5,4 juta jiwa.

"Kami punya 300 tenaga penyelamat dan 310 relawan kebakaran, mereka adalah tenaga-tenaga terlatih yang siap melakukan penyelamatan di segala medan," kata Ade Yasin usai peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-102 Pemadam Kebakaran (Damkar) di Cibinong, Bogor, Senin (1/3).

Baca Juga

Menurutnya, selain tak sebanding dengan jumlah penduduk Kabupaten Bogor yang terbanyak se-Indonesia, minimnya relawan kebakaran juga terkendala luasnya wilayah Kabupaten Bogor, yakni 40 kecamatan dengan 416 desa. Namun, Ade Yasin menyiasatinya dengan optimalisasi kualitas relawan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

"Contohnya kemarin, saat banjir bandang di wilayah Puncak, dalam waktu dua minggu kita bisa selesaikan karena ada sinergi dan kolaborasi yang baik," kata Ade Yasin.

 

Di samping itu, upaya optimalisasi juga dilakukan dengan menambah tiga unit pelaksana teknis (UPT) Damkar dari tujuh yang kini sudah tersedia. "Tentunya mereka terus meningkatkan kemampuannya seiring dengan perkembangan zaman. Sementara untuk mobil pemadam kebakaran saat ini kita punya 39 unit," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement