Jumat 05 Mar 2021 17:00 WIB

23 Bidang Ilmu Unpad Masuk QS World University 2021

Pada 2020, jumlah bidang ilmu di Unpad yang dinilai oleh QS sebanyak 13 bidang.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Padjajaran (Unpad).
Foto: istimewa
Universitas Padjajaran (Unpad).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Lembaga pemeringkatan QS kembali merilis pemeringkatan perguruan tinggi dunia berdasarkan bidang keilmuan atau QS World University Rankings by Subject 2021. Tahun ini, 23 bidang ilmu di Unpad masuk ke dalam daftar yang dinilai oleh QS.

Menurut Kepala Kantor Internasional Unpad Ronny, dr., M.Kes., AIFO, PhD, bidang ilmu yang masuk daftar yang dinilai lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. Pada 2020, jumlah bidang ilmu di Unpad yang dinilai oleh QS sebanyak 13 bidang.

Baca Juga

“Ini salah satu poin positif bahwa terjadi peningkatan performa yang tergambarkan melalui pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2021,” ujar Ronny dalam siaran persnya, Jumat (5/3)

Tahun ini ada 10 bidang ilmu yang masuk penilaian, yaitu science, chemistry, geology, geophysics, development studies, education, law, dentistry, life sciences and medicine, serta computer science and information systems.

Ronny mengatakan, ada 4 parameter penilaian pada QS World University Rankings by Subject. Empat parameter tersebut adalah reputasi akademik, reputasi pegawai, h-indeks, dan jumlah sitasi. Antara bidang ilmu sosial dan bidang ilmu sains memiliki persentase parameter yang berbeda.

Salah satu keunggulan Unpad, kata dia, terlihat dari performa skor dari bidang ilmu yang masuk penilaian. Performa penilaian pada bidang ilmu sosial terjadi meningkat. “Peningkatannya tidak terlihat signifikan, tetapi terlihat ada progres peningkatan yang cukup baik,” kata Ronny.

Dari 23 bidang ilmu yang dinilai, bidang ilmu kedokteran kembali masuk pemeringkatan. Tahun ini, bidang ilmu kedokteran masuk peringkat 600 – 650 dan menduduki peringkat 4 nasional.

Menurut Ronny, peringkat ini mengalami penurunan dibanding tahun lalu, yaitu masuk peringkat 550 – 600 dan peringkat 3 nasional. Menurut Ronny, ada beberapa faktor yang menyebabkan adanya pergeseran peringkat tersebut.

Jika dilihat, terjadi penurunan tren pemeringkatan secara global yang salah satunya disebabkan oleh parameter reputasi akademik. Hal ini menjadi salah satu faktor peringkat bidang ilmu kedokteran Unpad juga ikut turun.

Selain itu, kata Ronny, tahun ini ada bidang ilmu baru yang dilakukan penilaian, yaitu life sciences and medicine. “Hal ini menyebabkan ‘suara’ di bidang kedokteran menjadi terpisah, sehingga berpengaruh ke pemeringkatan,” imbuhnya.

Ronny menjelaskan, pemeringkatan QS World University Rankings by Subject merupakan refleksi dari performa kinerja dari setiap bidang ilmu. Peningkatan performa bidang ilmu bukan semata mengejar akreditasi. Akan tetapi, bidang ilmu juga perlu mengejar rekognisi independen di tingkat internasional.

“Idealnya apa yang ada di Unpad bisa diukur, dengan parameter pembanding yang solid,” kata Ronny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement