Kamis 11 Mar 2021 05:42 WIB

Messi Gagal Penalti, Barcelona Terhenti di Liga Champions

PSG menahan imbang Barcelona 1-1 pada leg kedua 16 besar dan lolos dengan agregat 5-2

Para pemain Paris Saint-Germain (PSG) merayakan keberhasilan lolos ke perempat final Liga Champions setelah menahan imbang Barcelona 1-1 pada leg kedua 16 besar. PSG lolos dengan agregat 5-2.
Foto: PA-EFE/YOAN VALAT
Para pemain Paris Saint-Germain (PSG) merayakan keberhasilan lolos ke perempat final Liga Champions setelah menahan imbang Barcelona 1-1 pada leg kedua 16 besar. PSG lolos dengan agregat 5-2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paris Saint-Germain (PSG) melangkah ke perempat final Liga Champions setelah menahan imbang Barcelona 1-1 dalam leg kedua 16 besar di Stadion Parc des Princes, Paris, Kamis (11/3) dini hari WIB. Hasil ini membuat PSG melaju ke delapan besar dengan agregat 5-2. Terhentinya Barcelona diwarnai kegagalan Lionel Messi mengeksekusi penalti yang andai masuk kemungkinan akan membuat hasil akhir berbeda.

Barcelona yang tiba dengan beban membalikkan ketertinggalan 1-4 dari kekalahan leg pertama di Camp Nou berusaha membongkar barisan pertahanan PSG. Beberapa peluang bagus yang mereka ciptakan melalui Ousmance Dembele dan Sergino Dest berhasil diredam oleh penampilan gemilang kiper Keylor Navas. Dalam posisi terus tertekan, tuan rumah justru unggul lebih dulu pada menit ke-30 melalui eksekusi penalti Kylian nMbappe setelah wasit Anthony Taylor mengabulkan gugatan Mauro Icardi yang mengklaim dirinya dilanggar oleh Clement Lenglet.

Baca Juga

Gol itu membuat Mbappe menjadi pemain termuda yang mencapai 25 gol dalam Liga Champions sepanjang masa dalam usia 22 tahun 80 hari. Ia menggeser Messi yang sebelumnya menggenggam rekor itu dalam usia 22 tahun dan 286 hari.

Barcelona berusaha segera membalas tetapi Dembele membuang peluang bagus pada menit ke-35 saat tinggal berhadapan dengan Navas di kotak penalti. Beruntung dua menit kemudian Messi menghidupkan asa Blaugrana lewat gol indahnya. Tendangan jarak jauh Messi ke pojok kiri atas gawang tak terjangkau upaya penyelamatan Navas.

Barcelona lantas mendapat hadiah tendangan penalti pada masa-masa terakhir babak pertama setelah Layvin Kurzawa dianggap melanggar Antoine Griezmann. Namun Messi membuang kesempatan itu ketika eksekusi penaltinya yang diarahkan ke kiri bisa ditebak dan dimentahkan oleh Navas. Padahal jika masuk, Barcelona hanya butuh dua gol lagi untuk setidaknya memaksakan laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Barcelona yang melepaskan tak kurang dari 16 percobaan tembakan sepanjang babak pertama berusaha menggebrak pertahanan tuan rumah lagi selepas turun minum. Namun peluang bagus baru lahir pada menit ke-61 ketika tembakan Messi membentur kerumunan pemain di kotak penalti PSG.

Navas kembali unjuk kebolehan ketika kesigapannya menggagalkan sundulan tajam Sergio Busquets di area tiang dekat pada menit ke-70. Dalam 20 menit terakhir pertandingan tampak berlangsung satu arah dengan Barca terus menyerang pertahanan PSG, tetapi gagal mencetak satu gol pun hingga laga usai.

PSG menyusul Borussia Dortmund, Porto dan Liverpool yang juga lolos ke perempat final dan akan mengetahui lawan mereka ketika pengundian dilakukan 19 Maret setelah seluruh rangkaian pertandingan 16 besar rampung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement