Kamis 11 Mar 2021 18:40 WIB

Ini Wejangan Wapres di Usia 78 Tahun

Wapres berpesan ke anak dan cucunya saat berkumpul untuk berdoa bersama Kamis.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wakil Presiden Maruf Amin saat menghadiri Webinar Internasional Antar Rois Syuriah PCINU di berbagai dengan Tema Diplomasi Santri dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia, Selasa (15/9).
Foto: KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin saat menghadiri Webinar Internasional Antar Rois Syuriah PCINU di berbagai dengan Tema Diplomasi Santri dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia, Selasa (15/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin genap berusia 78 tahun pada Kamis (11/3). Beberapa wejangan disampaikan wapres ke anak dan cucunya saat berkumpul untuk berdoa bersama di rumah dinas Wapres, Jakarta hari ini.  

Salah satunya agar senantiasa beramal baik dan mencari keberkahan semasa hidup. Sebab, kata Wapres, ukuran hidup tidak dilihat dari panjang pendeknya usia.

"Beliau bilang umur itu bukan soal panjang pendek umur tapi gimana umur itu berkah, ada umur panjang tapi tidak berkah, dia nggak menghasilkan apa apa tapi ada juga umur yang tidak panjang tapi dia menghasilkan karya karya besar yang monumental," ungkap Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi.

Wapres juga kata Masduki, menyebut ulama ulama besar di abad pertengahan yakni Imam Nawawi dan Imam Gazhali yang menghasilkan karya dan manfaat besar di usianya yang tidak panjang. Dalam wejangannya juga, Wapres juga menyebut sebuah hadist yang mengutip perkataan nabi, jika paling baik di antara manusia adalah orang berumur panjang tapi memiliki amal yang baik yang berarti diberkahi.

 

Selain itu, Wapres juga, kata Masduki, mengatakan jika Alquran tidak menekankan panjang pendeknya umur seseorang. Namun yang ditekankan yakni  kehidupan seseorang diciptakan oleh Allah itu untuk diuji apakah dia mampu beramal baik atau tidak.

"Jadi amal baik sebenarnya. Kalau amal baik banyak karena dapat keberkahan maka dia walaupun (umurnya) pendek amalnya baik, berkah maka manfaatnya baik, jadi ini pesan-pesan spiritual yang luar biasa menurut saya disampaikan ke anak cucunya," ungkapnya.

Wapres juga kata Masduki, di hari jadinya tersebut berdoa agar diberi pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT. Sebab, manusia diciptakan dalam kondisi lemah yakni adanya hawa nafsu yang bisa membuat manusia sangat berambisi disertai godaan setan.

"Sehingga pertolongan dan perlindungan dari Allah itu sangat penting. Itu pesan pendek tapi padat yang disampaikan Pak Wapres kepada anak cucunya, lantas untuk kita semua sangat relevan," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement