Jumat 12 Mar 2021 11:16 WIB

Wapres Harapkan UNS Bantu Pemerintah Tangani Pandemi

Penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi perlukan berbagai terobosan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: Dok.KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan harapan agar Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) menjadi mitra Pemerintah dalam upaya menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Wapres berharap, UNS sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia ikut memberi kontribusi nyata bagi negara.

"Saya mendorong agar sivitas akademika UNS untuk terus berkarya secara kreatif dan inovatif dalam memberikan peran nyata bagi bangsa dan negara, terutama untuk menjadi mitra Pemerintah dalam mengupayakan penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional," kata Ma'ruf dalam testimoninya di acara Dies Natalis Ke-45 UNS, Jum’at (12/3).

Baca Juga

Wapres mengatakan penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional saat ini memerlukan berbagai upaya terobosan. Salah satunya terobosan berbasis keunggulan sumber daya manusia yang kompetitif serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ia meyakini, dengan semangat dan kerja keras, UNS dapat mewujudkan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing baik pada tingkat nasional maupun dalam lingkup global. "Dengan tetap memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan unggul. Dirgahayu UNS, teruslah berkarya nyata bagi Indonesia tercinta," kata Ma'ruf.

 

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf juga berharap UNS menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia. Wapres mengatakan, UNS yang berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) kini lebih leluasa mengelola potensi sumber daya yang dimiliki secara mandiri.

“Dengan status PTNBH, maka UNS mempunyai kewenangan untuk mengelola potensi sumber daya yang dimiliki secara mandiri, untuk mewujudkan UNS sebagai perguruan tinggi yang unggul dan berprestasi, serta memiliki peluang dan potensi untuk masuk dalam jajaran 500 perguruan tinggi terbaik di dunia,” ungkap Ma'ruf.

Salah satunya dengan terus melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, UNS diharapkan semakin tumbuh dan berkembang, serta terus berkontribusi dalam mencetak sumber daya manusia unggul berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Di samping itu, dengan adanya UNS Fintech Center, Wapres juga berharap UNS turut andil dalam memajukan sektor jasa keuangan melalui transformasi digital. “Dengan telah dibentuknya UNS Fintech Center, diharapkan UNS dapat mendorong kemajuan di sektor jasa keuangan dan berinovasi melalui transformasi digital, sebagai modal keunggulan perguruan tinggi untuk dapat berkiprah dalam tatanan global,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement