Kamis 18 Mar 2021 19:36 WIB

Masjid Bisa Jadi Tempat Vaksinasi, Asal...

Infrastruktur yang menunjang pelaksanaan vaksinasi harus memenuhi syarat.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Mas Alamil Huda
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito
Foto: BPMI
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mendukung jika tempat umum, termasuk masjid, dijadikan tempat penyelenggaraan vaksinasi Covid-19. Namun, kata Wiku, sebuah tempat yang dijadikan lokasi pelaksanaan vaksinasi, infrastrukturnya harus memenuhi syarat.

"Tempat umum diperbolehkan menjadi sarana pelaksanaan vaksinasi, contohnya kemarin di pasar, sekolah dan lain-lain (termasuk masjid)," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (18/3).

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla sebelumnya mengusulkan agar masjid bisa menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara massal di tingkat RT/RW. JK mengatakan, masjid memiliki sarana penunjang kegiatan vaksinasi mulai dari halaman dan bangunan luas, dan pengeras suara untuk mengumumkan pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat.

Namun, JK mengatakan, tidak semua masjid bisa digunakan untuk tempat pelaksanaan Covid-19. Sebab, hanya masjid yang memiliki halaman dan bangunan luas saja yang bisa menjadi tempat vaksinasi untuk tingkat RT/RW tersebut. “Jadi ini Masjid yang besar-besar saja yang menjadi tempat pelaksanaan vaksin Covid-19, jadi lebih mudah untuk mengaturnya,” kata dia.

 

Wiku mengatakan, tempat pelaksanaan vaksinasi harus siap secara infrastruktur dan tidak menyebabkan kerumunan selama operasionalisasinya. Wiku mengakui memang belum ada regulasi resmi mengenai tempat ibadah umat Islam ini bisa menjadi lokasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19. "Belum ada agenda finalnya, namun peluangnya bisa saja. Mohon menunggu rilis resmi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement