Ahad 21 Mar 2021 19:47 WIB

KPU Tetapkan Calon Bupati dan Wabup Terpilih Tasikmalaya

Penetapan setelah MK menolak gugatan perselisihan hasil pilkada Tasikmalaya.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ratna Puspita
KPU Kabupaten Tasikmalaya menetapkan Ade Sugianto dan Cecep Nurul Yakin sebagai pasangan calon bupati dan wabup terpilih, Ahad (20/3).
Foto: dok. KPU Kabupaten Tasikmalaya
KPU Kabupaten Tasikmalaya menetapkan Ade Sugianto dan Cecep Nurul Yakin sebagai pasangan calon bupati dan wabup terpilih, Ahad (20/3).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya menetapkan Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin sebagai sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati (wabup) terpilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Tasikmalaya 2020, Ahad (20/3). Penetapan itu dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan perselisihan hasil pilkada Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin mengatakan, salinan putusan dan berita acara penetapan calon terpilih ini akan dijadikan dokumen untuk pengusulan dan pengesahan calon terpilih bupati dan wabup Tasikmalaya. Sementara untuk pelantikan bupati dan wabup, KPU tak lagi memiliki wewenang. 

Baca Juga

"KPU hanya menyampaikan berkas dokumen hasil penetapan ke DPRD. Dprd nanti yang melakukan pengusulan pengesahan sebagai dasar pelantikan calon terpilih," kata dia, Ahad.

Bupati Tasikmalaya, yang juga calon bupati terpilih Ade Sugianto mengatakan, penetapan ini merupakan kehendak Allah. Sebab, menurut dia, pada dasarnya manusia hanya berusaha dan berdoa dalam kontestasi pilkada Kabupaten Tasikmalaya, sedangkan hasilnya sesuai dengan kehendak Allah.

"Melalui putusan MK, tahapan pleno ini diselenggarakan. Kita bersyukur alhamdulillah. Mudah-mudahan ini jadi manfaat bagi masyarakat," kata dia.

Ade menambahkan, pihaknya tak akan menunggu pelantikan untuk mulai bekerja. Sebagai pejawat, ia mengaku, saat ini juga masih bekerja sebagai Bupati Tasikmalaya.

"Kita sekarang sedang menyusun APBD untuk 2022. Jadi, sebenarnya saya nanti tanggal melanjutkan," kata dia.

Ade bersama Cecep juga akan melakukan penyesuaian visi misi selama kampanye untuk dimasukkan ke dalam program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya. Ia menegaskan, visi misinya bertujuan untuk mempercepat langkah pembangunan Kabupaten Tasikmalaya dalam lima tahun ke depan. 

"Kita akan buat program yang menyelesaikan permasalahan masyarakat," kata dia.

Terakhir, Ade tetap akan menjalin komunikasi dengan para pasangan calon dalam pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020. Ia mengaku tak memiliki masalah secara personal dengan para pasangan calon. Ia pun terus berkomunikasi sejak kemarin.

"Saya juga akan minta mereka untuk tetap membantu Tasikmalaya. Kita tak ada masalah secara pribadi. Ketika pilkada berakhir, semua akan kembali cair. Urusan perbedaan, mudah-mudahan sudah selesai," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement