Ridwan Kamil Targetkan 30 BUMD Bisa Raih Deviden

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Rahmat Santosa Basarah

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar semua Badan Usaha MIlik Daerah (BUMD) di Jabar bisa mengakselerasi kinerja. Yakni, dengan melakukan kolaborasi dan pencarian partner strategis.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar semua Badan Usaha MIlik Daerah (BUMD) di Jabar bisa mengakselerasi kinerja. Yakni, dengan melakukan kolaborasi dan pencarian partner strategis. | Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG --Keberhasilan Badan Usaha Milik Daerah ditentukan oleh kapasitas dan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mendorong BUMD Jabar untuk memperkuat kapasitas SDM guna meraih dividen yang akan meningkatkan pendapatan daerah.  "Ternyata keberhasilan dari BUMD terletak pada SDM,"  ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat menghadiri RUPS Tahunan PT Migas Hulu Jabar di Hotel Intercontinental, Kota Bandung, Selasa (23/3). 

Menurut Emil, menargetkan sekitar 30 dari 40 BUMD Jabar harus meraih dividen di masa kepemimpinannya. Salah satunya, dengan memperkuat kapasitas dan kapabilitas SDM di semua BUMD. “Hasilnya nanti bisa digunakan untuk percepatan vaksinasi, pembangunan Puskesmas, jembatan dan sekolah. Karena hasilnya masuk ke APBD dan kami akan mendapatkan PAD yang rutin,” katanya. 

Enam BUMD Jabar meraih penghargaan dalam Indonesia Best BUMD Award 2021 dengan kategori yang berbeda-beda. Penghargaan itu merupakan penilaian dari Lembaga Penilai Eksternal yaitu Warta Ekonomi. Keenam BUMD Jabar tersebut yakni PT Agro Jabar, PT Jasa Sarana, PT Jaswita, PT Migas Hulu Jabar, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (bank bjb), dan PT Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar). 

Menurut Emil, penghargaan tersebut membuktikan bahwa BUMD Jabar terus tumbuh dan berkembang. BUMD sendiri memiliki peran penting dalam mendongkrak perekonomian daerah.  “Saya bangga, ada enam BUMD di Jabar yang jadi juara di Indonesia salah satunya PT Migas Hulu Jabar, di mana dividennya juga luar biasa, setelah bank bjb. Saya pun memiliki prinsip kepada perusahaan yang hasilnya baik, dividennya bagus, itu boleh bertumbuh. Jadi boleh mengembangkan usahanya lebih luas,” imbuhnya.

Sementara Direktur Utama PT MUJ, Begin Troys,  menyambut baik permintaan Emil agar MUJ bergerak di energi terbarukan. Menurutnya, ia akan segera mengundang stakeholeder dan para ahli terkait untuk mematangkan rencana pengembangan energi terbarukan. "Pak Gub tadi sudah meminta kita mulai merintis ke arah sana. Pertama, kita akan gelar diskusi, kita akan mengundang stakeholder, para ahli. Nanti kita lihat (potensi energi terbarukan) yang paling cocok dan realistis dikembangkan di Jabar," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Wagub Uu Apresiasi Dispusipda Jabar

Harga Emas Antam Bandung Rp 929.000 per Gram

Jadwal Vaksin Berubah, Warga Perlu Bingung

Info Pemadaman Listrik Kabupaten Bandung 22 Maret 2021

Ridwan Kamil Ambassador Gernas Bangga Buatan Indonesia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image