Persib dan Bali United Siap Tempur

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Tim Persib Bandung menggelar sesi latihan perdana di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Kota Bandung, Kamis (18/3).
Tim Persib Bandung menggelar sesi latihan perdana di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Kota Bandung, Kamis (18/3). | Foto: Republika/Yogi Ardhi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung akan bertanding melawan Bali United di Stadion Maguwoharjo, Sleman, sore ini WIB. Ini menjadi laga perdana Persib pada babak penyisihan Grup D Piala Menpora 2021. 

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts menyebut sudah mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin. "Persiapan kami berjalan selama dua pekan, kami menikmatinya. Pemain bisa bermain lagi dengan penuh harapan, penuh motivasi untuk menyongsong musim sepak bola lagi," kata Robert dalam konferensi pers jelang laga, Selasa (23/2).

Pelatih asal Belanda ini mengatakan, //mood// para pemain sangat bagus meski sudah satu tahun tidak bermain. Bahkan perjalanan darat yang dilalui Persib pun tidak menyurutkan semangat bertanding. "Jadi persiapan dua pekan berjalan positif, sangat menyenangkan dan kami merasa bagus," kata Robert. 

Di sisi lain, Robert mengakui Bali United merupakan lawan yang berat. Untuk itu Persib tidak sabar menghadapi kekuatan pemilik gelar liga musim lalu ini. 

"Kami menghormati mereka, mereka juga mempunyai keuntungan jika dibandingkan dengan tim lain karena sudah berlatih lebih lama, pemain mereka mayoritas sudah lebih fit dari pemain lain dan fokus mereka adalah Piala AFC," kata Robert. 

Robert pun tidak sabar melihat permainan Maung Bandung melawan Bali United ini. Itu karena Bali United selalu menjadi contoh bagi sepak bola Indonesia. "Mereka juara bertahan dan persiapan mereka lebih baik dari tim lain karena bersiap untuk Piala AFC. Jadi bagus bagi kami untuk mengukur dimana level kami berada," kata Robert.

Pelatih Bali United, Stefano 'Teco' Cugurra meminta skuadnya hanya fokus melawan Persib. Menurutnya, tim tidak boleh membagi fokus pada semua lawan dalam grup.

 "Kita sudah kerja keras dalam latihan, fisik sama taktik besok lawan Persib kita harus konsentrasi kerja keras lagi buat dapat yang terbaik," kata Teco.

Namun bukan berarti dia tidak mempedulikan tim lain. Menurut juru taktik asal Brasil ini, seluruh klub memiliki kualitas yang sama karena sudah satu tahun tidak bertanding.

"Kita harus hormat dengan semua tim, semua sama sudah satu tahun tidak main pertandingan, kita harus kerja keras lawan pertama kita Persib Bandung, nanti kita pikir tim lain," tegas Teco.

Teco tidak merasa diuntungkan dengan tim yang lebih dulu latihan tim dibandingkan tim lain. Bali United sudah berkumpul sejak Februari untuk persiapan AFC Club.

"Awalnya saya minta kepada manajemen kembali latihan awal Januari, tapi manajemen masih menunggu dan Februari saya sudah datang. Saya pikir dalam sepakbola harus latihan tidak boleh di rumah, pemain yang lama sekali di rumah menurut saya sangat kurang," kata Teco.

Mantan pelatih Persija Jakarta ini pun menjawab penasaran publik tentang target Bali United di Piala Menpora. Dia mengungkapkan, baru menargetkan lolos babak grup.

"Kita respek dengan Persib, tim besar kita tahu ini kompetisi baru mulai semua tim ingin lolos dari grup," kata Teco.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


PSM Masih Tunggu Respons PSSI Soal Kasus Rasial pada Wanggai

Made Rindukan Pertandingan Sepak Bola

Ratusan Peserta Piala Menpora di Solo Divaksinasi

Persib Penuh Motivasi Hadapi Bali United

Teco Minta Bali United Fokus Vs Persib

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image