Kilang Balongan Terbakar, Emil Minta Aparat Evakuasi Warga 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ratna Puspita

Api masih menyala di kilang Pertamina Balongan Indramayu, Senin (29/3) pukul 08.40 WIB.
Api masih menyala di kilang Pertamina Balongan Indramayu, Senin (29/3) pukul 08.40 WIB. | Foto: Republika/Lilis Sri Handayani

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta aparat untuk terus melakukan evakuasi warga di sekitar Kilang Minyak Pertamina RU VI Balongan yang terbakar hebat. "Untuk keselamatan warga. Kami perintahkan agar evakuasi terus dilakukan, memindahkan warga ke tempat yang aman," tulis Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil, Senin (29/3).

Emil juga meminta aparat terkait untuk memastikan seluruh kebutuhan warga yang dievakuasi terpenuhi. Emil pun meminta protokol kesehatan tetap ditaati, agar warga terhindar dari penularan Covid-19.

"BPBD provinsi telah turun ke lapangan dan berkoordinasi untuk bantuan. Keselamatan warga adalah yang utama," tegas Emil.

Baca Juga

Emil juga menyatakan bahwa Pemprov Jabar terus berkoordinasi dengan Pemkab Indramayu dalam penanganan kebakaran tersebut. "Mohon doa agar upaya pemadaman lancar dan masyarakat Indramayu khususnya warga sekitar juga aman," kata Emil.

Seperti diberitakan kebakaran di kilang minyak yang berlokasi di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jabar itu terjadi sejak Senin (29/3) dini hari dan menyebabkan tiga unit tank 42 T 301 A, B, dan C terbakar. Tanki yang terbakar adalah tangki yang dipakai untuk menampung bahan bakar minyak (BBM) jenis premium. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Bukan Kebakaran Biasa, Api di Kilang Balongan Belum Padam

Presiden Cile Pinera Minta Kongres Tunda Pemilu karena Covid

Pertamina Upayakan Pemadaman dan Evakuasi Warga

DPR Minta Operasi Kilang Balongan Segera Dipulihkan

Ratusan Warga Mengungsi Akibat Kebakaran Kilang Balongan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark