Gernas BBI, Jabar Gencarkan Promosi Belanja Produk UMKM  

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Fiki Satari (kiri) dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto (ketiga kiri) mengisi acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (1/4/2021).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Fiki Satari (kiri) dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto (ketiga kiri) mengisi acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (1/4/2021). | Foto: Edi Yusuf/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung pemerintah pusat dalam upaya pemulihan ekonomi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Untuk membantu memulihkan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 ini, pemerintah pusat menggagas Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, pemerintah provinsi (pemprov) akan membantu menyukseskan Gernas BBI ini. Di Jabar, gerakan yang mengangkat tagline #UMKMJabarPaten ini akan melibatkan sekitar 15 ribu pelaku UMKM.  “Bulan April, pemerintah pusat akan mempromosikan produk-produk UMKM Jabar dengan maksimal. Kami berinisiatif melengkapi ini dengan gerakan ‘Belanja adalah Bela Negara’,” kata gubernur yang akrab disapa Emil itu.

Kolaborasi antara Pemprov Jabar, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jabar ini diharapkan dapat benar-benar membantu membangkitkan UMKM, sekaligus mendorong daya beli masyarakat Jabar. Hal itu ditekankan Emil saat mengisi kegiatan “Jabar Punya Informasi” (Japri) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (1/4).

Selaku duta produk UMKM dalam agenda Gernas BBI Jabar ini, Emil mengaku akan memanfaatkan akun media sosial pribadinya untuk membantu mengampanyekan belanja produk dalam negeri. “Cintai produk lokal karena barangnya berkualitas,” ujar Emil.

Emil pun meminta pemerintah kabupaten/kota turut menyukseskan gerakan ini sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi. “Potensi pembeli di Jabar mencapai 21 juta orang. Kalikan sekian rupiah, mungkin akan luar biasa pendapatannya. Saya kira kita harus terus mendukung, yang paling penting transaksinya terjadi secara nyata,” kata Emil.

Selain Gernas BBI, juga digencarkan gerakan Bangga Berwisata Indonesia (BWI). Kegiatan pembukaan agenda ini di Jabar rencananya dilakukan di Trans Convention Centre, Kota Bandung, Sabtu (3/4). Kegiatan Gernas BBI dan BWI ini akan dilakukan sepanjang April secara daring maupun luring. Promosi dan penjualan produk UMKM ini juga dilakukan di berbagai kanal daring, seperti borongdong.id dan www.karyakreatifjawabarat.com.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Strategi Ridwan Kamil Dianggap Tepat, Ini Pendapat Qodari

Qodari Nilai Strategi Ridwan Kamil Tepat

Ridwan Kamil ready to be a presidential candidate in 2024

Pencalonan Presiden 2024, Ridwan Kamil Menunggu Takdir

Empat Lembaga Survei: 5 Tokoh Konsisten 5 Besar Capres 2024

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image