Wali Kota Depok : Pendataan Keluarga untuk Bonus Demografi

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Wali Kota Depok, Mohammad Idris.
Wali Kota Depok, Mohammad Idris. | Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, pendataan keluarga menjadi hal penting dalam perencanaan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, termasuk salah satu upaya mencapai bonus demografi.

"Usia produktif di Kota Depok ini sebanyak 70 persen lebih dan kita bisa mencapai bonus demografi kalau punya pendataan yang akurat," ujar Idris di Kota Depok, Jawa Barat, dalam keterangannya, Sabtu (3/4).

Pendataan Keluarga Tahun 2021 di Kota Depok resmi dilaksanakan. Pendataan awal dimulai dari Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono beserta keluarga. Idris mengatakan, dalam pendataan tersebut, terdapat sejumlah pertanyaan yang dilontarkan oleh petugas.

Di antaranya, jumlah anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah dan terkait aspek kesejahteraan keluarga. "Kemudian, tentang masalah keluarga-keluarga yang mungkin masih di usia sekolah, atau universitas, atau yang sudah berkeluarga tapi masih dalam satu kartu keluarga (KK) dengan orang tua," jelas Idris.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menambahkan, data yang dihasilkan dari pendataan keluarga tahun 2021 nantinya digunakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mengambil sejumlah kebijakan. Sepertinya, kebijakan masalah kesehatan, keluarga berencana, hingga Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh warga Depok agar ikut bersama-sama menyukseskan pendataan keluarga ini," kata politikus PKS tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Pengelolaan Sampah Plastik di UI Raih Penghargaan

Depok Gelar Vaksinasi Gratis untuk Hewan Penular Rabies

BKKBN Mendata 77,9 Juta Keluarga

Purbalingga Kerahkan 1.653 Kader Lakukan Pendataan Keluarga

Sleman Mulai Pendataan Keluarga 2021

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image