Wapres Optimis Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini 5,3 persen

Rep: Novita Intan/ Red: Mas Alamil Huda

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. | Foto: Dok. BPMI/Setwapres

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pemerintah meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh positif pada tahun ini. Hal ini sesuai prediksi beberapa lembaga internasional seperti IMF dan Bank Dunia yang memperkirakan perekonomian tumbuh antara 4,4 persen sampai 4,9 persen. 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, prediksi tersebut sejalan dengan perkiraan pemerintah bahwa ekonomi akan pulih pada kisaran 4,5 persen sampai 5,3 persen.

“Dunia usaha harus memanfaatkan prediksi pertumbuhan ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya saat acara Strategi Sektor Kesehatan untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi secara virtual, Selasa (6/4).

 

Ma'ruf menyebut program vaksinasi memberikan optimisme dalam hal pemulihan kesehatan maupun ekonomi. Maka itu pemerintah berupaya memberi dorongan stimulus fiskal melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) serta investasi dari dunia usaha secara bersamaan akan mempercepat penyerapan tenaga kerja.

"Penyesuaian kondisi new normal nantinya juga akan tetap diterapkan berbagai sektor ekonomi," ucapnya.

Menurutnya dalam beberapa bulan ini adanya penurunan kasus Covid-19 dan mobilitas masyarakat yang meningkat secara terbatas juga telah memberikan rasa optimis terhadap perbaikan konsumsi masyarakat.

“Oleh karena itu, ekspansi dunia usaha melalui investasi diharapkan dapat kembali meningkatkan produksi dan menyerap tenaga kerja termasuk ekspansi bisnis yang berbasis UMKM dan produk halal,” ucapnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Rasio Vaksinasi Indonesia di Bawah Rata-Rata Dunia

Pekan Depan IHSG Berpeluang Menguat

Wapres: Ajarkan Islam Ramah, Bukan Islam yang Marah

Raih Top BUMD Award 2021, Ini Target Bank Kalsel

Penguatan UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image