Pencarian 13 ABK Barokah Jaya Dihentikan Sementara

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ratna Puspita

[Ilustrasi] Personel Basarnas melakukan komunikasi saat pencarian korban kapal Barokah Jaya.
[Ilustrasi] Personel Basarnas melakukan komunikasi saat pencarian korban kapal Barokah Jaya. | Foto: Dedhez Anggara/ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Upaya pencarian terhadap 13 anak buah kapal (ABK) KM Barokah Jaya yang masih hilang setelah mengalami kecelakaan di perairan Indramayu terkendala cuaca yang kurang bersahabat, Rabu (7/4). Karena itu, upaya pencarian dihentikan sementara.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, menjelaskan, hingga Rabu (7/4) pukul 17.00 WIB, pencarian terhadap 13 ABK Barokah Jaya belum membuahkan hasil. Padahal, tim SAR Gabungan telah melakukan pencarian sesuai dengan SAR Map Prediction.

Baca Juga

Deden menyebutkan, sejak pukul 10.45 WIB, cuaca di sekitar LKP dinilai buruk untuk meneruskan pencarian. Gelombang berkisar 1-1,5 meter dan kecepatan angin 20-25 knots.

“Pencarian dihentikan sementara karena cuaca tidak bersahabat dan pencarian akan dilanjutkan esok hari,” kata Deden.

KM Barokah Jaya dilaporkan menabrak kapal MV Habco Pioneer di perairan utara Indramayu, Sabtu (3/4) sekitar pukul 16.45 WIB. Kapal nelayan yang terdiri dari 32 orang awak itu menabrak MV Habcoo Pioneer yang sedang melakukan pelayaran dari Balikpapan menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Akibat peristiwa itu, KM Barokah Jaya terbalik hingga menyebabkan seluruh penumpangnya tercebur ke laut. Dari 32 orang awak KM Barokah Jaya, 15 berhasil selamat dan 17 orang hilang.

Upaya pencarian kemudian berhasil menemukan empat orang korban meninggal dunia. Mereka adalah Leman (71) asal Desa Parean, Kecamatan Kandanghaur, Toeron (80) warga Desa Pagirikan, Kecamatan Pasekan, Misja (43) warga Desa Pabean Udik, Kecamatan Indramayu dan Eka Permadi (16), warga Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur.

Dengan ditemukannya empat korban meninggal, maka masih ada 13 orang awak KM Barokah Jaya yang masih dinyatakan hilang. Upaya pencarian akan dilanjutkan pada Kamis (7/4). 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Kapal Nelayan Bantu Pencarian 14 ABK Barokah Jaya

Pencarian 14 ABK Barokah Jaya Dilanjutkan

ABK Korban Kapal Tabrakan di Indramayu Kembali Ditemukan

Bocah Indramayu Ikut Menerjang Badai demi Ekonomi Keluarga

17 ABK Kapal Barokah Jaya Dievakuasi ke RS Bhayangkara

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image