Jumat 09 Apr 2021 22:53 WIB

Garut Terapkan Digitalisasi Transaksi Keuangan

Elektronifikasi transaksi pemerintah daerah telah melakukan langkah-langah konkret.

Garut Terapkan Digitalisasi Transaksi Keuangan Ilustrasi Keuangan Digital
Foto: Republika/Thoudy Badai
Garut Terapkan Digitalisasi Transaksi Keuangan Ilustrasi Keuangan Digital

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat sudah menerapkan digitalisasi transaksi keuangan untuk memudahkan pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan baik pendapatan maupun pengeluaran di setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Kabupaten Garut.

"Sekarang transfer dari masing-masing SKPD yang tentunya telah dilakukan dengan E-Banking, dan tentu ini memberikan dampak makin akuntabilitasnya penyelenggaraan pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Garut," kata Bupati Garut Rudy Gunawan saat Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) Tahun 2021 di Pendopo Garut, Jumat (9/4).

Ia menuturkan Pemkab Garut melakukan langkah konkret dalam rangka Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Garut. "Tentu kami pun dalam rangka elektronifikasi transaksi pemerintah daerah telah melakukan langkah-langah konkret yaitu di antaranya bagaimana kami melakukan digitalisasi pengeluaran dan pendapatan," katanya.

Bupati menyampaikan terima kasih pemerintah pusat telah memilih Kabupaten Garut sebagai tempat dibukanya FEKDI Tahun 2021 yang digelar oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Povinsi Jawa Barat dan dibuka langsung oleh Gubernur.

"Selaku Bupati Garut kami bersyukur pada Allah SWT, kita di masa pandemi ini menyelenggarakan sesuatu yang luar biasa yaitu menyelenggarakan acara Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia yang dilaksanakan di Kabupaten Garut," katanya.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar Herawanto menyampaikan, kegiatan FEKDI merupakan sebuah inisiatif penting pemerintah provinsi dan seluruh pemerintah daerah kota/kabupaten bersama Bank Indonesia se-Jawa Barat yang juga didukung oleh pemangku kebijakan dan lembaga keuangan setempat.

Ia mengatakan FEKDI Jabar 2021 itu merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mencapai Jabar sebagai provinsi digital. "FEKDI Jawa Barat 2021 sebagai bagian penting dari upaya bersama untuk mempercepat pemulihan ekonomi Jawa Barat di masa pandemi serta untuk mencapai Jabar sebagai provinsi digital," katanya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement