25 Petani Milenial Lebak akan Magang ke Jepang

Red: Ilham Tirta

Padi di pertanian Jepang (Ilustrasi)
Padi di pertanian Jepang (Ilustrasi) | Foto: Japan Probe

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten siap memberangkatkan sebanyak 25 petani milenial yang memenuhi seleksi untuk magang ke Jepang selama tiga tahun. Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Deni Iskandar mengatakan, petani milenial itu berdasarkan hasil seleksi yang melibatkan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

Ia mengatakan, 25 peserta dinyatakan lulus dari 50 petani milenial yang daftar. Mereka akan dibiayai oleh Kementerian Pertanian. "Tujuan petani milenial magang ke negeri Sakura itu agar mereka setelah pulang ke Tanah Air dapat menularkan  ke kelompok-kelompok tani, karena pertanian di Jepang itu memiliki keunggulan di bidang teknologi, kedisiplinan, kemandirian dan manajemen kewirausahaan," kata Deni di Lebak, Selasa (13/4).

Menurut dia, banyak alumni petani Kabupaten Lebak yang magang di Jepang akhirnya berhasil. Di antaranya, Rohmat (40 tahun), petani asal Kecamatan Sobang, yang mengembangkan gula semut dan kopi hingga bisa ekspor ke luar negeri.

Selain itu, ada Herman (35), seorang petani asal Kecamatan Sajira yang mengembangkan usaha peternakan unggas petelur. Produksi peternakan unggas petelur tersebut bisa memenuhi pasar Tangerang dan DKI Jakarta. "Kami berharap petani milenial yang magang ke Jepang bisa menyumbangkan SDM-nya kepada kelompok tani guna menggenjot produksi pangan dan peningkatan usaha ekonomi," kata Deni.

Diding, seorang petani milenial terpilih mengaku senang bisa lulus mengikuti seleksi untuk magang pertanian ke Jepang. Selama ini, kata dia, pengembangan pertanian di Jepang itu memiliki sistem klaster unggulan per wilayah dengan aneka produk pertanian buah-buahan, sayur-sayuran, dan pangan.

Pengembangan sistem klaster itu bisa dikembangkan di Tanah Air. "Kami optimistis ilmu pertanian selama magang di Jepang nanti bisa diterapkan di kelompok-kelompok tani di Lebak," kata Diding.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


25 Petani Milenial Lebak Siap Berangkat ke Jepang

Petani Milenial Sleman Panen Perdana Hasil Pertanian

Generasi Milenial dalam Perwujudan Kedaulatan Pangan

Dua Petani Muda Asal Riau Siap Magang ke Jepang

DKP Jabar Bina 60 Petani Milenial Budidaya Ikan dan Udang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image