Mudik Dilarang, Kapolda Jabar: Penyekatan Ketat Lebih Dini

Rep: Djoko Suceno/ Red: Andri Saubani

Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri memimpin Apel Operasi Keselamatan Lodaya 2021
Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri memimpin Apel Operasi Keselamatan Lodaya 2021 | Foto: dok. Humas Polda Jabar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Untuk menghadang para pemudik,  Polda Jawa Barat  telah menyiapkan 120 titik penyekatan. Langkah tersebut dilakukan agar masyarajat tak nekat mudik Lebaran pada saat situasi masih pandemi Covid 19. 

Pos penyekatan tersebut tersebar di daerah yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Kapolda Jawa Barat, Irjen Polisi Ahmad Dofiri, mengatakan, langkah penyekatan ini akan dilakukan secara dini dan lebih ketat. Implementasi penyekatan ini, kata dia, melalui Operasi Keselamatan Lodaya 2021 yang digelar mulai 12 - 25 April 2021.

Baca Juga

"Penyekatan di titik perbatasan akan kita lakukan. Misalnya di Karawang yang berbatasan dengan Bekasi, kita lakukan secara ketat," ujar dia.

Selain jalur mudik, sambung Dofiri, Polda Jawa Barat juga akan menyiagakan personelnya di objek objek wisata yang kerap menjadi  tujuan wisatawan. Di tempat wisata, imbuh dia, petugas polisi akan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dalam peneraan protokol kesehatan secara ketat.

"Mereka (wisatawan) yang masuk kawasan objek wisata harus membawa hasil rapid test," kata dia.  

photo
Dilarang mudik - (republika)
 

 



Dofiri mengimbau masyarakat agar tidak mudik dalam lebaran kali ini. Ia mengatakan, memutus mata rantai Covid 19 jauh lebih baik daripada mudik yang justru bisa menyebarkan virus tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat agar tak mudik lebaran. Lebih baik masyarakat merayakan lebaran di rumah masing masing saja," tutur dia.

Sebagaimana diketahui, Polda Jawa Barat  menggelar Operasi Keselamatan Lodaya 2021 yang digelar mulai 12-25 April 2021. Personel dalam satgas operasi ini, juga akan mensosialisasisan secara masif tentang larangan mudik, mengedukasi tentang protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas.

"Serta bisa memberikan pelayanan pembagian masker juga pelaksanaan swab antigen gratis kepada masyarakat serta melaksanakan manajemen rekayasa lalu lintas dalam mempersiapkan masyarakat yang memaksa akan mudik,” tutur dia.

Dofiri juga menekankan kepada para personel, selama pelaksanaan operasi agar mengutamakan keselamatan dan bisa menjadi contoh serta mempedomani protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas.

"Hindari tindakan yang kontra produktif serta hindari sikap arogan sehingga kehadiran Polantas dapat dirasakan oleh masyarakat disamping itu lakukan tugas operasi keselamatan lodaya 2021 dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab," kata dia.

 

photo
Larangan mudik Lebaran 2021 - (Tim infografis Republika)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Polda Jabar Siapkan 120 Titik Penyekatan Antisipasi Mudik

Polda Jabar Siapkan 120 Titik Penyekatan Larangan Mudik

Aneh, Masyarakat Dilarang Mudik Tapi Wisata Dibuka

Kakorlantas: Ada 333 Pos Penyekatan Mudik Lebaran 2021

Penyekatan di Jalan Tikus untuk Bidik Pemudik Roda Dua

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image