Sukabumi Sosialisasikan BPUM untuk UMKM Terdampak Pandemi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Sukabumi Sosialisasikan BPUM untuk UMKM Terdampak Pandemi (ilustrasi).
Sukabumi Sosialisasikan BPUM untuk UMKM Terdampak Pandemi (ilustrasi). | Foto: Antara/Aji Styawan

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (Diskumindag) Kota Sukabumi mensosialisasikan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Di mana saat ini masih dalam tahapan pendaftaran.

Sebelumnya, sosialisasi program BPUM telah disampaikan kepada para camat dan lurah se–Kota Sukabumi beberapa hari lalu. '' Sesuai dengan surat edaran Kementerian Koperasi dan UKM, pendaftaran BPUM telah dibuka hingga 29 April mendatang,'' ujar Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi, Ayi Jamiat Jumat (16/4).

Di mana bagi masyarakat yang ingin mendapatkan BPUM yang merupakan program pemerintah pusat tersebut dapat mendaftarkan diri melalui kantor kelurahannya masing-masing. Adapun nominal BPUM tahun ini adalah Rp 1,2 juta per usaha mikro.

Sedangkan syarat pendaftaran BPUM diantaranya usaha mikro sesuai kategori dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2021. Kemudian belum pernah mendapatkan BPUM, belum pernah mendapatkan Kredit Usaha Rakyat, tidak berstatus ASN maupun pegawai BUMD, memiliki Surat Keterangan Hasil Usaha, dan memiliki dokumen administrasi kependudukan.

Harapannya kata Ayi, bantuan ini dapat membantu pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Sehingga UMKM bisa bangkit kembali dari dampak pandemi.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pemkot berupaya membangkitkan sektor UMKM dari dampak pandemi. '' Pemulihan ekonomi jadi salah satu prioritas pemerintah dalam penanganan Covid-19,'' imbuh dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


APTRI: Pasokan Gula di Jawa Timur Masih Mencukupi

Buka Kantor Baru di Seoul, BNI Temukan Pebisnis RI dan Korea

Teten: Jumlah UMKM Naik Kelas Sangat Kecil

BCA akan Luncurkan E-commerce Khusus Produk UMKM Lokal

Dukung UMKM, Dompet Kilat Hadirkan Tiga Fitur Baru

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark