Garut Tunda Vaksinasi Lansia Hingga Ramadhan Usai

Red: Andri Saubani

Petugas menyuntikan vaksin Covid-19 kepada seorang lansia. (ilustrasi)
Petugas menyuntikan vaksin Covid-19 kepada seorang lansia. (ilustrasi) | Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut menyampaikan pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia (lansia) Muslim di daerah itu ditunda sampai Lebaran. Pertimbangannya, lansia diminta menjaga kesehatannya selama bulan puasa agar tetap prima saat divaksin.

"Setelah Lebaran itu selesai, kamiakan melaksanakan geber untuk vaksinasi pada lansia, ini semua di seluruh Kabupaten Garut akan melaksanakan vaksinasi," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Garut Asep Surachman di Garut, Jawa Barat, Sabtu (17/4).

Asep menuturkan, pihaknya masih terus melaksanakan vaksinasi dengan sasaran pelayan publik, kemudian tenaga pengajar untuk persiapan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tatap muka.

Baca Juga

"Di Juni nanti guru harus semua divaksinasi karena akan melaksanakan pembelajaran tatap muka, yang kedua nanti untuk lansia akan dilaksanakan," katanya.

Asep menyampaikan masyarakat lansia menjadi prioritas perhatian pemerintah untuk memberikan vaksin Covid-19, pada tahap sebelumnya juga sudah ada beberapa lansia mendapatkan vaksin. Selama Ramadhan ini, lanjut dia, khusus lansia bukan Muslim, jika memenuhi syarat dipersilakan untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 yang sudah disiapkan Dinkes Garut.

"Karena pertimbangan-pertimbangan secara medis untuk lansia yang puasa itu dipertimbangkan, kita punya kesempatan adalah untuk lansia-lansia yang ada di etnis tertentu," kata Asep.

Ia menyampaikan, Pemkab Garut menargetkan pelaksanaan vaksinasi sebanyak 3/4 dari seluruh warga wajib vaksin sebanyak 1,8 juta orang sampai Desember 2021. Selain lansia, kata dia, Dinkes Garut tetap melaksanakan vaksinasi Covid-19 selama Ramadhan untuk sasaran pelayan publik, seperti pedagang, pekerja BUMN, atlet, maupun tenaga pengajar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Positif Covid-19 di Bantul Tambah 90, Total 11.232 Kasus

Gaduh Vaksin Nusantara, Ini Saran IDI

Sekitar 600 Ribu Warga Bali Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Eks Komisioner KPK Sebut Dukungan untuk BPOM Inisiatif Alami

Vaksinasi di Kabupaten Jayawijaya Masih Dipusatkan di Wamena

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark