Pemkab Karawang akan Normalisasi Irigasi Sawah

Red: Nidia Zuraya

Irigasi pertanian, ilustrasi
Irigasi pertanian, ilustrasi | Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pemerintah Kabupaten Karawang, Jabar, akan melakukan normalisasi irigasi dan menertibkan bangunan liar di sekitar saluran irigasi untuk mengatasi masalah kekeringan sawah saat kemarau. "Kekeringan sawah yang terjadi di wilayah Batujaya dan Pakisjaya itu karena berbagai faktor. Di antaranya karena pendangkalan saluran irigasi dan banyaknya bangunan liar," kata Wakil Bupati KarawangAep Syaepuloh, di Karawang, Jabar, Sabtu (17/4).

Ia mengatakan untuk melakukan penanganan kekeringan sawah jangka pendek, pihaknya akan melakukan normalisasi saluran irigasi. Selain itu, juga akan dilakukan penertiban bangunan liar yang banyak berada di sekitar saluran irigasi.

"Normalisasi dan penertiban bangunan liar di saluran irigasi bertujuan agar debit air yang mengalir tidak terhambat," kata dia.

Baca Juga

Wakil Bupati mengaku sudah berkoordinasi ke berbagai pihak terkait rencana normalisasi dan penertiban bangunan liar di sekitar saluran irigasi itu. Sementara, untuk penanganan kekeringan sawah jangka panjang, pemkab akan membangun embung.

Menurut dia, pembangunan embung nantinya akan memiliki banyak fungsi.Selain untuk serapan air ketika hujan deras, juga untuk menyimpan air saat kemarau. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah saat kemarau.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Koperasi Karyawan di Karawang Diminta Pasarkan Produk UMKM

Antisipasi Pemudik, Polres Karawang Siapkan Titik Penyekatan

Karawang Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

Pemkab Karawang Raih Penghargaan Top 32 KIJB 2020

Buruh Demo di Kantor Bupati, Ini Janji Pemkab Karawang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark