Ahad 18 Apr 2021 06:22 WIB

Pemkab Karawang akan Normalisasi Irigasi Sawah

Pemkab juga menertibkan bangunan liar yang banyak berada di sekitar saluran irigasi.

Irigasi pertanian, ilustrasi
Irigasi pertanian, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pemerintah Kabupaten Karawang, Jabar, akan melakukan normalisasi irigasi dan menertibkan bangunan liar di sekitar saluran irigasi untuk mengatasi masalah kekeringan sawah saat kemarau. "Kekeringan sawah yang terjadi di wilayah Batujaya dan Pakisjaya itu karena berbagai faktor. Di antaranya karena pendangkalan saluran irigasi dan banyaknya bangunan liar," kata Wakil Bupati KarawangAep Syaepuloh, di Karawang, Jabar, Sabtu (17/4).

Ia mengatakan untuk melakukan penanganan kekeringan sawah jangka pendek, pihaknya akan melakukan normalisasi saluran irigasi. Selain itu, juga akan dilakukan penertiban bangunan liar yang banyak berada di sekitar saluran irigasi.

Baca Juga

"Normalisasi dan penertiban bangunan liar di saluran irigasi bertujuan agar debit air yang mengalir tidak terhambat," kata dia.

Wakil Bupati mengaku sudah berkoordinasi ke berbagai pihak terkait rencana normalisasi dan penertiban bangunan liar di sekitar saluran irigasi itu. Sementara, untuk penanganan kekeringan sawah jangka panjang, pemkab akan membangun embung.

Menurut dia, pembangunan embung nantinya akan memiliki banyak fungsi.Selain untuk serapan air ketika hujan deras, juga untuk menyimpan air saat kemarau. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah saat kemarau.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement