Pembangunan Kolam Retensi Bima Diharapkan Tuntas September

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meninjau kolam retensi di Jalan Bima, Senin (19/4/2021).
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meninjau kolam retensi di Jalan Bima, Senin (19/4/2021). | Foto: Edi Yusuf/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berharap pembangunan kolam retensi di Jalan Bima bisa segera berjalan. Saat ini proyek pembangunan kolam retensi itu disebut akan masuk tahap lelang.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menjelaskan, dalam upaya aktivasi kolam retensi di Jalan Bima itu, dulu dilakukan pengerukan. Menurut dia, kolam retensi ini sebenarnya sudah dapat berfungsi, namun masih dibutuhkan pembangunan lebih lanjut. “Sekarang menunggu proses lelang,” kata dia, saat meninjau lokasi kolam retensi di Jalan Bima, Senin (19/4).

Pembangunan kolam retensi ini merupakan salah satu upaya Pemkot Bandung dalam meminimalkan potensi banjir. Menurut Yana, kolam retensi di Jalan Bima ini ditujukan untuk menekan potensi terjadinya banjir di kawasan Pagarsih dan Pasirkoja. Ia berharap proses lelang berjalan lancar agar pembangunan kolam retensi ini pun bisa lekas dilakukan. “Kalau lancar, pemenang (lelang) sudah ada Juli,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, ketinggian kolam retensi di Jalan Bima ini mencapai kurang lebih tiga meter. Kolam retensi ini disebut bisa menampung sekitar 4.200 meter kubik air. Ia berharap pembangunan kolam retensi ini bisa segera berjalan. “Mudah-mudahan September selesai,” kata dia.

Didi mengatakan, dinasnya terus berupaya menambah kolam retensi, sebagai salah satu upaya meminimalkan potensi banjir. Apabila ada lahan dan persetujuan masyarakat, kata dia, dinasnya akan menambah kolam retensi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Lelang Stadion GBLA Ditargetkan Tuntas Tahun 2021

Pemkot Bandung Pastikan Kenaikan Harga Pangan Masih Wajar

Pemkot Bandung Larang Sahur on the Road

Mal, Resto, dan Kafe di Bandung Boleh Buka Hingga 23:00 WIB

Ramadhan, Pemkot Bandung Siapkan Paket Pangan Subsidi  

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image