Selasa 20 Apr 2021 20:26 WIB

Pemkot Cirebon Upayakan Percepatan Vaksinasi Warga Lansia  

Cakupan vaksinasi warga lansia di Cirebon baru sekitar 5,29 persen.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Vaksinasi Covid-19. (ILUSTRASI)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Vaksinasi Covid-19. (ILUSTRASI)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon berupaya mengakselerasi vaksinasi Covid-19 terhadap warga lanjut usia (lansia). Pasalnya, hingga 18 April lalu, cakupan vaksinasi terhadap warga lansia dilaporkan baru sekitar 5,29 persen dari sasaran.

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Katibi, warga lansia yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 ada sekitar 34.812 orang. Adapun yang sudah divaksin tahap pertama baru sekitar 1.843 orang. Karenanya, pemerintah daerah berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi untuk warga lansia ini.

Baca Juga

Pada Senin (19/4), misalnya, vaksinasi Covid-19 terhadap warga lansia berjalan di wilayah Kecamatan Lemahwungkuk. Pencanangan vaksinasi dilakukan secara serentak di Baperkam RW 03 Banjar Melati, Kelurahan Kasepuhan, di Puskesmas Pegambiran, serta di Puskesmas Cangkol. “Total ada 2.736 warga di Kecamatan Lemahwungkuk yang masuk kategori lansia,” kata Sekretaris Kecamatan Lemahwungkuk, Hikmah Munafidah.

Hari itu, 153 warga lansia dijadwalkan mengikuti vaksinasi di Baperkam RW 03 Banjar Melati. Di Puskesmas Pegambiran dijadwalkan vaksinasi untuk 75 warga lansia dan di Puskesmas Cangkol 35 warga lansia. Menurut Kepala Puskesmas Kesunean, Andy Benjamin Setiadi, dari 153 lansia yang terdaftar untuk vaksinasi di Baperkam RW 03 Banjar Melati, sebagian besarnya dinyatakan lolos pemeriksaan kesehatan, sehingga bisa divaksin. “Hanya sebagian kecil saja yang tidak lolos karena ada yang tensi darahnya tinggi,” kata Andy.

Andy mengatakan, bagi warga lansia yang urung divaksin kali ini, bisa mengikuti kegiatan di RW lain. Nantinya warga lansia itu juga tetap diperiksa terlebih dulu kondisi kesehatannya sebelum diperbolehkan untuk divaksin.

Menurut Hikmah, vaksinasi tahap pertama untuk warga lansia lainnya di Kecamatan Lemahwungkuk akan terus dijalankan hingga 10 Mei mendatang. Adapun vaksinasi kedua rencananya dijadwalkan pada 19 Mei.

Selain di Kecamatan Lemahwungkuk, vaksinasi Covid-19 bagi warga lansia juga dilaksanakan di wilayah Kecamatan Kesambi. Camat Kesambi, Buntoro Tirto, mengatakan, pada hari pertama ini diundang 150 warga lansia untuk menjalani vaksinasi. “Saya lihat lansia yang datang antusias sekali untuk divaksin. Dari 150 yang diundang hari ini, seratus persen datang,” ujar dia.

Buntoro mengatakan, bagi warga lansia di Kecamatan Kesambi yang belum mendapatkan undangan untuk vaksinasi Covid-19, bisa mendaftarkan diri kepada RW dan kelurahan masing-masing. Undangan untuk jadwal vaksinasi nantinya diberikan melalui kelurahan dan RW.

Menurut Kepala Puskesmas Kesambi, Wasilah Dinijati, ada sekitar 9.963 warga lansia yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Kesambi. Ditargetkan vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk warga lansia ini sudah selesai sebelum Lebaran. “Nanti akan dilanjutkan dengan vaksinasi Covid-19 tahap kedua setelah 28 hari,” kata Wasilah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement