Vaksinasi Massif Lansia di Sukabumi Dimulai Besok

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ratna Puspita

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Lulis Delawati
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Lulis Delawati | Foto: Dok istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Upaya vaksinasi Covid-19 di Kota Sukabumi kini berlanjut ke kalangan lanjut usia. Rencananya, vaksinasi massif untuk lansia ini dimulai pada Rabu (21/4) besok.

Vaksinasi Covid-19 ini ditargetkan sebanyak 650 orang per hari. “Sebelumnya kalangan lansia telah didaftarkan melalui online dan akan divaksin mulai Rabu,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Lulis Delawati kepada Republika, Selasa (20/4). 

Sebelumnya, sasaran vaksinasi perdana di bulan puasa adalah dosis kedua para pelayan publik. Selanjutnya pada 19 April 2021 lalu, dilakukan vaksinasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK).

Baca Juga

Sebab, proses vaksinasi Covid-19 untuk PTK mendapatkan prioritas di Kota Sukabumi dalam menghadapi pembelajaran tatap muka. Sementara kalangan lansia diprioritaskan karena dari data yang ada menyebutkan kasus meninggalnya pasien Covid-19 sebagian besar dari lansia.

Lulis menerangkan, antusiasme kalangan lansia yang mendaftar vaksinasi cukup tinggi. Harapannya proses vaksinasi pada Rabu berjalan lancar dan tidak menemui hambatan berarti.

“Sesuai arahan gubernur dan SKB 4 menteri perlu adanya percepatan penanganan Covid-19 khususnya vaksinasi fokus pada pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah dan lansia,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. 

Ia mengatakan para lansia menjadi perhatian khusus karena berdasarkan data kasus meninggalnya warga positif Covid-19 sebagian besar lansia. Vaksinasi ini adalah ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

Menurut Fahmi, penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 di Kota Sukabumi dinilai masuk tiga besar terbaik di Jabar. Hal ini menunjukkan upaya maksimal dari pemkot untuk mencegah penyebaran Covid-19.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Klaster Takziah di Gunung Kidul: 37 Positif, Dua Meninggal

Vaksinasi Covid19 Ramadhan, Captain America Suntikkan Vaksin

Di Aceh, Lansia yang Divaksin Masih Minim

Bogor Kejar Target Selesaikan Vaksinasi Lansia Akhir Mei

Waspada, Sedang Terjadi Tren Kenaikan Kasus Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark