Penyidik Temukan Tindak Pidana Kebakaran Pertamina Balongan

Rep: Ali Mansur/ Red: Andri Saubani

Suasana kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021). Memasuki hari ketiga pascakebakaran, tim Emergency Pertamina berhasil memadamkan tiga tangki dari total empat tangki yang terbakar.
Suasana kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021). Memasuki hari ketiga pascakebakaran, tim Emergency Pertamina berhasil memadamkan tiga tangki dari total empat tangki yang terbakar. | Foto: ANTARA /Dedhez Anggara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyidik Polri menemukan unsur tindak pidana pada kasus kebakaran kilang minyak RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang terjadi pada tanggal 29 Maret 2021 lalu. Polri telah menerima laporan polisi terkait kebakaran di Kilang Minyak Balongan dengan nomor LP 147/IV/2021/Jabar/Polres Indramayu.

"Pada tanggal 16 April kemarin dilakukan gelar perkara terhadap peristiwa tersebut dan kesimpulannya adalah telah ditemukan adanya tindak pidana pada peristiwa tersebut," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Polisi Rusdi Hartono di Mabes Polri, Rabu (21/4).

Selanjutnya, penyidik Polri juga telah menaikkan perkara tersebut ke tahap penyidikan. Kemudian penyidik Polri telah melakukan langkah-langkah hukum untuk mengungkap terjadinya peristiwa kebakaran tersebut. Dia ntaranya memeriksa saksi-saksi dan juga barang bukti yang ditemukan di tempat kejadian perkara (TKP) telah diperiksa laboratorium.

"Penyidik menilai melihat berdasarkan fakta dan bukti yang ada, adanya kesalahan adanya kealpaan sehingga menimbulkan kebakaran atau ledakan. Ini sesuai dengan pasal 188 KUHP," Rusdi menambahkan.

Sebelumnya, kilang minyak RU VI Balongan milik PT Pertamina di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat  meledak dan terbakar pada Senin (29/3) dini hari. Peristiwa itu mengakibatkan sejumlah orang mengalami luka berat akibat peristiwa tersebut. Bahkan satu pasien korban luka bakar berinisial IA (17) meninggal dunia setelah menjalani perawatan di rumah sakit selama 12 hari.

In Picture: Suasana Kebakaran Dahsyat Kilang Pertamina RU VI Balongan

photo
Warga melihat kobaran api kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan di desa Sukaurip, Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (30/3/2021) malam. Memasuki hari kedua, Kobaran api dan kepulan asap hitam pekat masih belum padam dan pihak Pertamina terus mengupayakan pemadaman api di area terdampak dengan memompa air laut untuk memadamkan api. - (ANTARA/Dedhez Anggara)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Mewaspadai Narasi Pasca-penangkapan Terduga Teroris

DPO Terduga Teroris di Pasar Minggu Ternyata Serahkan Diri

Sistem Keamanan Sudah Sesuai SOP Ketika ZA Serang Mabes

Menteri BUMN Erick Thohir Hadiri Rakernis Bareskrim Polri

ST Kapolri: Media Dilarang Siarkan Arogansi/Kekerasan Polisi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark