Kamis 22 Apr 2021 13:35 WIB

Ridwan Kamil Resmikan Dua Lintas Atas di Kota Bandung

Emil berpesan agar Oded meneruskan pembangunan flyover sebagai solusi atasi kemacetan

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) bersama Wali Kota Bandung Oded M Danial (kanan) dan Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri (kiri) meresmikan dua lintas atas (flyover) di Jalan Pelajar Pejuang , Kota Bandung, Kamis (22/4).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) bersama Wali Kota Bandung Oded M Danial (kanan) dan Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri (kiri) meresmikan dua lintas atas (flyover) di Jalan Pelajar Pejuang , Kota Bandung, Kamis (22/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil meresmikan dua lintas atas (flyover) di Kota Bandung, Kamis (22/4), yaitu Jalan Laswi atau Jalan Pelajar Pejuang 45 dan Jalan Jakarta.

"Hari ini resmi menyerahkan kepada Wali Kota Bandung, dua fasilitas yang memang selama ini sudah soft opening dites dan dievaluasi hasilnya sangat baik, menandakan apa yang diaspirasikan Kota Bandung kita penuhi," kata Kang Emil di lokasi, Kamis.

Kang Emil menuturkan, kehadiran dua ruas lintas atas tersebut dapat mempermudah atau memperlancar arus lalu lintas warga di Kota Bandung, di tengah semakin padatnya arus lalu lintas di ibu kota Provinsi Jabar tersebut. "Ada dua ruas jalan tadi, Jalan Jakarta dan Pelajar Pejuang. Dua wilayah mendapatkan dua titik dan mudah-mudahan memperlancar," kata Kang Emil.

Oleh karena itu, Kang Emil berpesan kepada Wali Kota Bandung Oded M Danial agar pembangunan lintas atas sebagai solusi memecah masalah kemacetan di Kota Bandung harus diteruskan. "Kepada Mang Oded tidak bisa dihindari dengan jumlah warga yang makin banyak, lalu lintas makin padat. Maka konsekusensi berupa pembangunan jalan-jalan layang harus kita teruskan.:

Kang Emil juga meminta kepada Dinas Binamarga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar agar proses pembangunan sebuah lintas atas bisa dilakukan dalam kurun waktu satu tahun pengerjaan. "Saya titip ke Pak Koswara (Kepala Dinas BMPR) membangun ini jangan sampai dua tahun, satu tahun satu proyek, perencanaan, pelelangan lebih baik sehingga jumlah yang dibangun lebih banyak," katanya.

Berdasarkan data DBMPR Jabar, lintas atas Jalan Jakarta memiliki bentang jembatan 40,8 meter, panjang keseluruhan 480 meter, yang menelan anggaran Rp34 miliar. Sementara lintas atas Jalan Laswi memiliki bentang jembatan 35,8 meter, dan panjang keseluruhan 480 meter, yang menelan biaya pembangunan Rp 29 miliar.

"Pada 2021 ini kedua flyover akan dilakukan pengerjaan beautifikasi. Sehingga akan menambah estetika di Kota Bandung tentu dengan nilai estetika yang selarasa dengan Jabar," kata Kepala DBMPR Jabar A Koswara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement