Bagaimana Nasih THR Lebaran PNS Tahun Ini?

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah

Ilustrasi THR
Ilustrasi THR | Foto: Mgrol101

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Zudan Arif Fakrullah berharap semua pegawai negeri sipil (PNS) memperoleh tunjangan hari raya (THR) pada lebaran tahun ini. Zudan mengaku belum mendapat informasi mengenai mekasnime pencairan THR untuk PNS.

"Kalau kita belum mendapatkan informasi seperti apa. Kalau berharap namanya harapan ya semuanya dapat, tapi kita memahami situasi keuangan negara," kata Zudan dalam keterangannya, Jumat (23/4).

Baca Juga

Zudan mengatakan, jika keuangan negara tidak mampu membayarkan THR keseluruhan PNS, ia berharap guru, pensiunan, tenaga kesehatan, pegawai golongan I, II dan III PNS diprioritaskan. Sebab pada tahun lalu, tidak semua PNS mendapatkan THR, khususnya pejabat eselon 1 dan 2.

"Andaikata negara tidak mampu memberikan kepada golongan pejabat eselon I dan II kita maklumi. Kalau eselon I dan eselon II ya itu insya Allah sudah berkecukupan, yang sangat membutuhkan diberikan guru, tenaga kesehatan yang banyak berjuang di Covid-19 ini," kata Zudan.

Meskipun demikian, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri itu tetap berharap THR bisa dibayarkan kepada semua PNS. "Kalau diberi semua alhamdulillah. Kita berdoa normal kembali," katanya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pencairan tunjangan hari raya (THR) bagi pegawai negeri sipil (PNS) akan diberikan secara bertaha dan sedang menyelesaikan peraturan pemerintah. "THR seperti yang disampaikan akan dibayarkan pada H-10 nanti sampai dengan H-5. Saat ini sedang proses (peraturan pemerintah) agar kita paraf bersama, kemudian ditandatangani presiden," ujarnya saat konferensi pers APBN Kita, Kamis (22/4).

Sri Mulyani menyebut pemerintah mengucurkan anggaran THR PNS pada Idul Fitri 2021 sebesar Rp 45,41 triliun. Adapun jumlah ini terbagi bagi pusat dan daerah. "Jumlah THR kita yang akan dibelanjakan untuk pusat sebesar Rp 30,6 triliun, dan daerah akan sebesar Rp 14,8 triliun," ujarnya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Potensi Rp 151,2 T, THR Jadi Instrumen Pendorong Konsumsi

Ini Harapan Korpri untuk THR Lebaran Tahun Ini

Wiku Minta Masyarakat Patuhi Larangan Mudik Lebaran

Operator Diminta Tingkatkan Layanan Silaturahim Virtual

Pemda Diminta Buat Aturan Turunan Terkait Larangan Mudik

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image