Selasa 27 Apr 2021 20:50 WIB

BPBD : Gempa 5,6 Sukabumi Belum Ada Laporan Kerusakan

Petugas masih memantau dampak gempa di lapangan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Peta gempa bumi guncang Sukabumi Jawa Barat
Foto: BMKG
Peta gempa bumi guncang Sukabumi Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyatakan hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa 5,6 pada Selasa (27/4) sore. Sebelumnya, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa 5.6 ini terjadi pada pukul 16.23 WIB.

Lokasi gempa. Pada 7.86 LS,106.87 BT, 103 kilometer tenggara, Kabupaten Sukabumi, Jabar dengan kedalaman 14 Kilometer dan tidak berpotensi tsunami. '' Hingga kini belum ada laporan terkait dampak bencana,'' ujar Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Anita Larasati, Selasa malam.

Saat ini upaya pemantauan dampak gempa terus dilakukan di 47 kecamatan di Kabupaten Sukabumi. Jika ada laporan kerusakan maka akan segera ditindaklanjuti.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami mengatakan, gempa ini dilaporkan belum menimbulkan kerusakan. ''Petugas masih memantau dampak gempa di lapangan,'' imbuh dia.

''Warga keluar rumah dan perkantoran karena guncangan gempa besar,'' ujar salah seorang warga yang tengah bekerja di sarana perkantoran di Jalan R Syamsudin Kota Sukabumi, Deri F (33 tahun). Beruntung gempa tidak berlangsung lama dan tidak menimbulkan kerusakan.

Menurut Deri, gempa ini hanya mengagetkan warga yang tengah bekerja maupu di rumah. Namun tidak ada laporan warga yang menjadi korban gempa.

Warga lainnya Rudi (37) mengatakan, gempa memang cukup besar dan menyebabkan warga berhamburan keluar rumah. '' Tak ada kerusakan dari gempa hanya panik,'' ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement