BPBD : Gempa 5,6 Sukabumi Belum Ada Laporan Kerusakan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Peta gempa bumi guncang Sukabumi Jawa Barat
Peta gempa bumi guncang Sukabumi Jawa Barat | Foto: BMKG

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyatakan hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa 5,6 pada Selasa (27/4) sore. Sebelumnya, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa 5.6 ini terjadi pada pukul 16.23 WIB.

Lokasi gempa. Pada 7.86 LS,106.87 BT, 103 kilometer tenggara, Kabupaten Sukabumi, Jabar dengan kedalaman 14 Kilometer dan tidak berpotensi tsunami. '' Hingga kini belum ada laporan terkait dampak bencana,'' ujar Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Anita Larasati, Selasa malam.

Saat ini upaya pemantauan dampak gempa terus dilakukan di 47 kecamatan di Kabupaten Sukabumi. Jika ada laporan kerusakan maka akan segera ditindaklanjuti.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami mengatakan, gempa ini dilaporkan belum menimbulkan kerusakan. ''Petugas masih memantau dampak gempa di lapangan,'' imbuh dia.

''Warga keluar rumah dan perkantoran karena guncangan gempa besar,'' ujar salah seorang warga yang tengah bekerja di sarana perkantoran di Jalan R Syamsudin Kota Sukabumi, Deri F (33 tahun). Beruntung gempa tidak berlangsung lama dan tidak menimbulkan kerusakan.

Menurut Deri, gempa ini hanya mengagetkan warga yang tengah bekerja maupu di rumah. Namun tidak ada laporan warga yang menjadi korban gempa.

Warga lainnya Rudi (37) mengatakan, gempa memang cukup besar dan menyebabkan warga berhamburan keluar rumah. '' Tak ada kerusakan dari gempa hanya panik,'' ujar dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Gempa Sukabumi Diduga Dipicu Patahan Lempeng Indo-Australia

Rasakan Gempa Sukabumi, Warga Cianjur Berhamburan Keluar

Guncangan Gempa Sukabumi Terasa Hingga Tasikmalaya

Guncangan Gempa Sukabumi Terasa hingga Tasikmalaya

Gempa tak Berdampak Kerusakan di Sukabumi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image