Wabup Ingin Pulangkan Pedagang asal Bandung di Jakarta  

Red: Irfan Fitrat

Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan berfoto bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, seusai pelantikannya sebagai pimpinan daerah di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (26/4/2021).
Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan berfoto bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, seusai pelantikannya sebagai pimpinan daerah di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (26/4/2021). | Foto: Edi Yusuf/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Wakil Bupati (Wabup) Bandung Sahrul Gunawan berkeinginan untuk memulangkan pedagang asal Kabupaten Bandung yang tengah berusaha di Jakarta. Pedagang tersebut diharapkan bisa berjualan di daerah sendiri dan membantu mendorong sektor perekonomian Kabupaten Bandung.

Menurut Sahrul, pedagang asal Kabupaten Bandung itu tersebar di sejumlah pasar wilayah Jakarta. "Lima puluh persen dari para pedagang yang ada di Tanah Abang, Pasar Senen, Pasar Kamis, itu orang Soreang dan Majalaya. Kenapa tidak kita datangkan orang itu ke Kabupaten Bandung,” ujar dia di Bandung, Rabu (28/4).

Nantinya, Sahrul berharap pemerintah kabupaten bisa memfasilitasi para pedagang tersebut untuk berjualan, dengan harga sewa tempat yang lebih murah ketimbang di Jakarta. “Sehingga nanti orang-orang ke sini, dengan fasilitas pariwisata yang bisa dikembangkan, insyaallah, bisa menyejahterakan pelaku usaha di Bandung dan meningkatkan pariwisata,” kata dia.

Di masa kepemimpinannya bersama Bupati Dadang Supriatna, Sahrul berharap nantinya ada lokasi yang dapat menjadi tempat berkumpul pelaku usaha, dan menjadi daya tarik wisata. “Mimpi saya, saya ingin sebuah gedung yang nantinya bisa menampung para pelaku usaha, dan kaitannya dengan wisata. Karena saat ini juga perlu ada skala prioritas dalam pembangunan, insyaallah, ke depannya nanti bisa betul-betul terjadi,” ujarnya.

Sahrul meyakini, di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, para pelaku usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), memiliki peran penting untuk menggerakkan kembali perekonomian. Karenanya, kata dia, pemerintah daerah akan berupaya memberi ruang pemasaran untuk produk UMKM.

Ia pun berharap produk UMKM Kabupaten Bandung berdaya saing. “Bagaimana pembinaan UMKM, lalu diberikan semacam fasilitas untuk mempertemukan dengan pelaku usaha, dan peran Pemerintah Kabupaten Bandung untuk memastikan kualitasnya,” kata Sahrul.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Bubos, Pemkab Bandung Salurkan 302.550 Kotak Makan ke Dhuafa

Sholat Jumat Perdana Masjid Salman Rasidi Dihadiri Syahrul G

Masjid Salman Rasidi Gelar Sholat Jumat Perdana

Sahrul Gunawan Akui Posisinya Jadi Ban Serep

Seluruh Petugas TPS akan Jalani Rapid Test

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image