Stok Darah Menipis, Sukabumi Gencarkan Donor Darah Massal

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Kota Sukabumi yang menggelar donor darah di Sekretariat INTI di Danalaga Square Kota Sukabumi, Ahad (2/5).
Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Kota Sukabumi yang menggelar donor darah di Sekretariat INTI di Danalaga Square Kota Sukabumi, Ahad (2/5). | Foto: Republika/Riga Nurul Iman

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Pada momen bulan puasa stok darah di PMI mengalami penurunan. Hal ini disikapi sejumlah komunitas di Kota Sukabumi untuk melakukan donor darah massal.

Salah satunya dilakukan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Kota Sukabumi yang menggelar donor darah di Sekretariat INTI di Danalaga Square Kota Sukabumi, Ahad (2/5). ''Bersyukur rencana donor terlaksana dengan baik dan ditargetkan ada 150 labu yang terkumpul,'' ujar Ketua Pelaksana Donor Darah INTI Sukabumi, Gunawan kepada wartawan.

Ia mengucapkan terimakasih kepada peserta donor darah dan Pemda kota Sukabumi yang mendukung kegiatan tersebut. Aksi donor darah ini sudah rutin digelar oleh INTI setidaknya sebanyak tiga kali dalam setahun.

Donor darah ini ungkap Gunawan untuk membantu warga yang membutuhkan labu darah dalam rangka pengobatan. Misalnya para penderita thalesemia.

Ketua INTI Kota Sukabumi, Hendi Effendi menambahkan, apresiasinya kepada para peserta yang telah mendonorkan darah pada kegiatan ini. ''Donor darah sudah rutin diadakan dan khususnya di bulan Ramadhan dalam membantu warga yang membutuhkan,'' imbuh dia.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pemkot memberikan apresiasi kepada keluarga besar INTI yang membantu kebutuhan darah misalnya penderita thalesemia. Sebab di Ramadhan stok labu darah menurun drastis.

Sehingga donor darah ini bisa menambah pasokan ketersediaan labu darah. Oleh karenanya atas nama pemkot mengucapkan terimakasih kepada INTI yang menggelar donor darah.

''Ramadhan stok labu darah kritis dan menyambut gembira INTI berinisiatif menggelar donor darah,'' ungkap Fahmi. Hal ini sebagai bentuk kecintaan dan kolaborasi dalam menjaga Sukabumi dari sisi kesehatan dan memberikan dukungan kepada keluarga besar Perhimpunan Orangtua Penderita Thalesemia (Popti).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Pasokan Darah dari Pendonor Sukarela di Jakarta Menurun

Pendonor di PMI Cianjur Berkurang 50 Persen Selama Ramadhan

Donor Darah Malam Hari di Masjid Al Markaz Makassar

Waktu Terbaik Donor Darah Saat Puasa Ramadhan

Waktu Terbaik Donor Darah Saat Berpuasa

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image