Senin 03 May 2021 23:42 WIB

Bandung Perbanyak Petugas Cegah Kerumunan Perbelanjaan

Kerumunan menjadi tak terkendali sehingga mengabaikan protokol kesehatan.

Bandung Perbanyak Petugas Cegah Kerumunan Perbelanjaan (ilustrasi).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Bandung Perbanyak Petugas Cegah Kerumunan Perbelanjaan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan bakal memperbanyak petugas di sejumlah pusat perbelanjaan untuk menghindari adanya kerumunan masyarakat menjelang Lebaran 2021.

Menurutnya dalam suasana menjelang Lebaran, fenomena maraknya orang yang berbelanja sudah lazim terjadi. Namun di situasi pandemi COVID-19 ini menurutnya protokol kesehatan harus diterapkan. "Jadi betul perlu diperbanyak Satgas," kata Oded di Bandung, Jawa Barat, Senin (3/5).

Dia pun mengaku akan menginstruksikan kepada jajaran petugas aparatur pemerintahan yang ada di lapangan agar terus berupaya meminimalisir adanya kerumunan masyarakat. "Saya ingatkan ke teman-teman di larangan mereka harus mengupayakan memperkecil kerumunan itu," kata Oded.

Pasalnya dalam Peraturan Wali Kota Bandung tentang pembatasan sosial dikatakan bahwa pusat perbelanjaan harus membatasi pengunjung hanya 50 persen dari kapasitas. Namun sebelumnya pada Minggu (2/5), ribuan masyarakat dari berbagai wilayah di Bandung memadati salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Kota Bandung yakni Pasar Baru Trade Center.

Dengan adanya ribuan masyarakat itu, kerumunan menjadi tak terkendali sehingga mengabaikan protokol kesehatan. Padahal Oded pun sebelumnya menginginkan agar protokol kesehatan diterapkan ketat di Bandung agar tak seperti India yang alami lonjakan kasus COVID-19.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement