Yang Lain Stabil, Harga Daging Ayam Alami Kenaikan

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Friska Yolandha

Petugas dari Dispangtan Kota Bandung memeriksa kesegaran daging ayam di Pasar Sederhana, Jalan Jurang, Kota Bandung, Kamis (8/4). Harga daging ayam di pasar tradisional Kota Bandung mengalami kenaikan.
Petugas dari Dispangtan Kota Bandung memeriksa kesegaran daging ayam di Pasar Sederhana, Jalan Jurang, Kota Bandung, Kamis (8/4). Harga daging ayam di pasar tradisional Kota Bandung mengalami kenaikan. | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Harga sejumlah komoditas di Kota Bandung terpantau stabil. Namun, harga bawang merah dan daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Bandung mengalami kenaikan jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. 

"Yang naik daging ayam awal bulan puasa di harga Rp 40 ribu per kilogram, minggu kedua turun menjadi Rp 36 ribu dan saat ini naik lagi Rp 40 ribu. Bawang merah dari kisaran Rp 30 sampai 36 ribu per kilogram," ujar Kabid Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Kemetrologian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Meiwan Kartiwa, Selasa (4/5).

Baca Juga

Meiwan mengatakan harga acuan daging ayam di Kota Bandung dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebesar Rp 35 ribu per kilogram. Sementara, harga bawang merah Rp 32 ribu per kilogram. Kondisi harga relatif tidak terlalu tinggi.

Ia menuturkan, tren harga bahan pokok di Kota Bandung saat awal bulan puasa mengalami kenaikan. Kemudian pada pertengahan bulan puasa mengalami penurunan dan menjelang Lebaran mengalami kenaikan kembali.

"Contohnya ada anomali terkait cabe rawit awal Januari sampai Rp 100 ribu- Rp 110 ribu per kilogram, sekarang di kisaran antara Rp 70 ribu," katanya.

Terpisah, Kabid Distribusi dan Konsumsi Pangan Dinas Ketahanan Oangan dan Pertanuan Usep Awaludin mengatakan ketersediaan bahan pokok di Kota Bandung relatif aman jelang lebaran. Sejumlah wilayah memasok kebutuhan pokok untuk Kota Bandung.

"Beras (dipasok) dari Bandung Garut, Tasik Sumedang, Sapi dari Jawa Tengah. Telur dari Ciamis, Sukabumi, Tasik, Kabupaten Bandung paling banyak Blitar, ayam Kabupaten Bandung, Tasik, Ciamis, Cianjur dan Jawa Tengah Cabe dari Garut, Tasik, Ciamis, Kabupaten Bandung Barat," katanya.

Ia menegaskan, kelangkaan bahan pokok diperkirakan tidak akan terjadi sebab sudah memasuki panen dan penyaluran bahan pokok berjalan lancar. Termasuk untuk beras terdapat stok aman hingga akhir tahun 2021 mendatang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Harga Bawang Merah dan Daging Ayam di Bandung Naik

Daging Ayam Jadi Pendorong Inflasi Jatim

Daging Ayam Jadi Pendorong Inflasi Jatim

BPS: Inflasi April Naik Jadi 0,13 Persen

May Day, Wagub Jabar Janji akan Tengahi Soal THR

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image