Selasa 04 May 2021 12:10 WIB

Yang Lain Stabil, Harga Daging Ayam Alami Kenaikan

Harga daging ayam sempat mengalami penurunan sebelum kembali naik jelang Lebaran.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Friska Yolandha
Petugas dari Dispangtan Kota Bandung memeriksa kesegaran daging ayam di Pasar Sederhana, Jalan Jurang, Kota Bandung, Kamis (8/4). Harga daging ayam di pasar tradisional Kota Bandung mengalami kenaikan.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Petugas dari Dispangtan Kota Bandung memeriksa kesegaran daging ayam di Pasar Sederhana, Jalan Jurang, Kota Bandung, Kamis (8/4). Harga daging ayam di pasar tradisional Kota Bandung mengalami kenaikan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Harga sejumlah komoditas di Kota Bandung terpantau stabil. Namun, harga bawang merah dan daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Bandung mengalami kenaikan jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. 

"Yang naik daging ayam awal bulan puasa di harga Rp 40 ribu per kilogram, minggu kedua turun menjadi Rp 36 ribu dan saat ini naik lagi Rp 40 ribu. Bawang merah dari kisaran Rp 30 sampai 36 ribu per kilogram," ujar Kabid Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Kemetrologian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Meiwan Kartiwa, Selasa (4/5).

Baca Juga

Meiwan mengatakan harga acuan daging ayam di Kota Bandung dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebesar Rp 35 ribu per kilogram. Sementara, harga bawang merah Rp 32 ribu per kilogram. Kondisi harga relatif tidak terlalu tinggi.

Ia menuturkan, tren harga bahan pokok di Kota Bandung saat awal bulan puasa mengalami kenaikan. Kemudian pada pertengahan bulan puasa mengalami penurunan dan menjelang Lebaran mengalami kenaikan kembali.

 

"Contohnya ada anomali terkait cabe rawit awal Januari sampai Rp 100 ribu- Rp 110 ribu per kilogram, sekarang di kisaran antara Rp 70 ribu," katanya.

Terpisah, Kabid Distribusi dan Konsumsi Pangan Dinas Ketahanan Oangan dan Pertanuan Usep Awaludin mengatakan ketersediaan bahan pokok di Kota Bandung relatif aman jelang lebaran. Sejumlah wilayah memasok kebutuhan pokok untuk Kota Bandung.

"Beras (dipasok) dari Bandung Garut, Tasik Sumedang, Sapi dari Jawa Tengah. Telur dari Ciamis, Sukabumi, Tasik, Kabupaten Bandung paling banyak Blitar, ayam Kabupaten Bandung, Tasik, Ciamis, Cianjur dan Jawa Tengah Cabe dari Garut, Tasik, Ciamis, Kabupaten Bandung Barat," katanya.

Ia menegaskan, kelangkaan bahan pokok diperkirakan tidak akan terjadi sebab sudah memasuki panen dan penyaluran bahan pokok berjalan lancar. Termasuk untuk beras terdapat stok aman hingga akhir tahun 2021 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement