Kamis 06 May 2021 19:20 WIB

Pastikan Kemananan Pangan, Pemkab Garut Sidak ke Swalayan

Sidak dilakukan untuk memastikan keamanan bahan pangan jelang Lebaran.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
  Bupati Garut Rudy Gunawan memimpin kegiatan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar swalayan untuk memastikan ketersediaan pangan di Kabupaten Garut, Kamis (6/5).
Foto: Tatang Nugraha/Republika
Bupati Garut Rudy Gunawan memimpin kegiatan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar swalayan untuk memastikan ketersediaan pangan di Kabupaten Garut, Kamis (6/5).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melakukan insepksi mendadak (sidak) ke sejumlah swalayan pada Kamis (6/5). Sidak itu dilakukan untuk memastikan keamanan bahan pangan jelang Lebaran.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, sidak itu memastikan keamanan produk pangan di pasaran menjelang Hari Raya. Swalayan yang dikunjungi antara lain Toserba Yogya, Toserba Yoma, Toserba Asia, Toserba Ramayana, dan sejumlah toko parcel.

Baca Juga

Bupati menuturkan kegiatan sidak itu bertujuan agar masyarakat tidak mendapatkan pangan yang sudah kadaluwarsa pada saat lebaran nanti. “Jadi kami melakukan cek secara random. Jumlahnya cukup banyak. Ini untuk memastikan saat Lebaran kita tidak mendapatkan makanan yang kadaluwarsa,” kata dia melalui keterangan resmi.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Yudi mengatakan, ada beberapa produk pangan yang izin edarnya sudah habis. Namun secara umum, makanan di Kabupaten Garut masih layak konsumsi. "Kita memang menemukan beberapa temuan seperti misalkan ijin edarnya sudah habis dan lain sebagainya tapi tidak signifikan," kata dia.

Yudi menegaskan keterlibatan masyarakat sangat penting dalam menjaga keamanan pangan yang akan dikonsumsi. Masyarakat diimbau untuk memastikan terlebih dahulu keamanan makanan yang akan dikonsumsi.

Sebab, menurut dia, pemerintah tak bisa mengawasi semuanya. Sebab, sumber daya manusia yang ada terbatas. "Jadi diharapkan masyarakat yang mengkonsumsi atau membeli pangan atau makanan dipastikan dulu apakah sudah ada cemaran, sudah ada jamur atau tidak,” kata dia. Ia meminta para penjual agar selalu mengecek keamanan makanan yang akan dijual. Fungsi kontrol dari penjual dapat mencegah beredarnya makanan yang tidak layak.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement