Senin 10 May 2021 16:32 WIB

Pemkab Garut Dorong Cangkuang Jadi Desa Wisata Legenda

Ini akan jadi menjadi bagian dari daya tarik orang datang ke Garut.

Pemkab Garut Dorong Cangkuang Jadi Desa Wisata Legenda. Tempat Wisata Alam (TWA) Situ Cangkuang, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pemkab Garut Dorong Cangkuang Jadi Desa Wisata Legenda. Tempat Wisata Alam (TWA) Situ Cangkuang, Kabupaten Garut, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat mendorong Desa Cangkuang menjadi desa wisata menyuguhkan panorama alam dan memiliki nilai cerita legenda hingga menjadi wisata kelas dunia yang memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat desa.

"Pemerintah daerah akan memberikan dorongan nanti, melalui anggaran dinas dan anggaran yang akan kami berikan langsung ke desa," kata Bupati Garut Rudy Gunawan di Garut, Senin (10/5).

Ia menuturkan Desa Wisata Cangkuang di Kampung Lolohan, Desa Cangkuang, Kecamatan Leles itu memiliki nilai wisata yang bagus dan sudah dikenal banyak orang sehingga perlu didorong untuk pengembangannya. "Cangkuang sudah terkenal, makannya saya melihat di sini bagus," katanya.

Menurut dia, desa wisata itu telah membawa nama Cangkuang yang selama ini memiliki nilai legendaris dan sudah dikenal banyak orang sehingga keberadaannya akan menarik wisatawan.

"Tempat wisata ini eksklusif, dan bagus, karena menyandang satu nama yang legendaris yaitu Cangkuang," katanya.

Bupati mengapresiasi Kepala Desa Cangkuang yang sudah berusaha untuk menjadikan desanya menjadi desa wisata yang layak untuk dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Ia berharap Pemerintah Desa Cangkuang dapat terus melakukan inovasi untuk mengembangkan potensi daerahnya agar memiliki manfaat bagi masyarakat desa.

"Terus lakukan inovasi, saya dukung penuh nanti pengembangan Situ Cangkuang dan beberapa fasilitas termasuk fasilitas olahraga," katanya.

Ia menambahkan setelah adanya desa wisata di Desa Cangkuang ini maka akan menambah destinasi wisata di Garut yang akhirnya akan banyak orang untuk datang berwisata ke Kabupaten Garut. "Ini akan jadi menjadi bagian dari daya tarik orang datang ke Garut," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gan Gan Gumilar menambahkan, adanya Desa Wisata Cangkuang ini bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Kabupaten Garut. "Harapan ke depan adalah keberadaan Desa Wisata Situ Cangkuang ini menjadi salah satu pilihan kepada wisatawan yang datang ke Kabupaten Garut, yang kedua dapat meningkatkan ekonomi pendapatan masyarakat," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement