Pemkab Garut Izinkan Shalat Id Digelar Berjamaah

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani

Jamaah menunaikan ibadah shalat berjamaah di Masjid
Jamaah menunaikan ibadah shalat berjamaah di Masjid | Foto: Bayu Adji P

REPUBLIKA.CO.ID,  GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mengizinkan masyarakat melaksankan shalat id secara berjamaah. Namun, pelaksanaan shalat id harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengaku telah melakukan rapat dengan Gubernur Jawa Baratb (Jabar). Shalat id di Kabupaten Garut diperbolehkan dengan menerapkan prokes, seperti membawa sajadah dari rumah, memakai masker, dan lain sebagainya.

"Untuk di Kabupaten Garut kami persilahkan masyarakat melaksanakan shalat Idulfitri berjamaah di masjid, di lapangan, tetapi tetap memperhatikan prokes," kata dia melalui keterangan resmi, Selasa (11/5).

Ia menegaskan, jamaah yang melaksanakan shalat id maksimal hanya 50 persen dari kapasitas masjid. Aturan serupa berlaku jika shalat id dilakukan di lapangan.

Rudy mengingatkan, jamaah juga mesti menjaga diri masing-masing dengan menerapkan prokes. Bagi masyarakat yang suhu tubuhnya tinggi, lanjut dia, lebih baik untuk melakukan shalat id di rumah.

Sementara untuk takbir, Rudy menegaskan Pemkab Garut melarang dilakukan dengan berkeliling. "Kami menyarankan bertakbirlah di masjid, tidak boleh takbir keliling. Di masjid pun tidak boleh lebih daripada 10 persen dari kapasitas ruangan masjid untuk bertakbir,” kata dia.

Untuk kegiatan ziarah kubur, masyarakat Garut diminta sementara tidak dilakukan. Menurut Rudy, masyarakat dapat berdoa doa dari rumah untuk keluarga yang sudah meninggal dunia.

“Sementara ini, kami sarankan supaya tidak melakukan kunjungan ke keluarga, tahan dulu. Di rumah saja untuk keselamatan kita dan orang-orang yang kita cintai," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


MPU Aceh: Sholat Idul Fitri Boleh Tapi Tetap Jaga Prokes

Masjid Raya JIC Gelar Sholat Id 50 Persen Kapasitas

Pemkot Pariaman akan Gelar Sholat Id di Halaman Balai Kota

Pemkab Garut Izinkan Sholat Idul Fitri Digelar Berjamaah

Jelang Lebaran, Polisi Semprot Desinfektan Tempat Ibadah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image