Masuk Kota Cirebon, Pemudik Diminta Isolasi Mandiri  

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat

Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi.
Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi. | Foto: Dok Pemkot Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Pemerintah pusat melarang masyarakat untuk mudik pada momen Lebaran ini. Meski demikian, Pemerintah Kota Cirebon tetap mewaspadai adanya warga dari luar daerah yang tetap memaksakan mudik dan bisa lolos dari penyekatan.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi meminta pemudik yang masuk Kota Cirebon untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu, warga dari luar daerah itu juga diminta melakukan isolasi mandiri terlebih dulu sebelum berkumpul dengan keluarga. “Pengawasannya ada di tingkat RT dan RW,” kata Agus, Selasa (11/5).

Baca Juga

Agus mengatakan, pengurus RT dan RW di Kota Cirebon akan mendata warga yang baru datang dari luar daerah. Data tersebut nantinya dilaporkan kepada Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Sebagai upaya mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19, Agus mengatakan, sejumlah rumah sakit di Kota Cirebon sudah diminta untuk menambah ruang isolasi. “Saat ini tingkat keterisian ruang isolasi di rumah sakit antara 30 hingga 100 persen,” kata dia.

Agus mengatakan, kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon sudah diminta agar rumah sakit dapat menambah ruang isolasi sekitar 25 persen. Meski ada penambahan kapasitas ruang isolasi, ia berharap tidak sampai terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Masa Larangan Mudik, Ketua RT di Cirebon Monitor Pendatang

DLH Cirebon Siapkan Skema Penanganan Sampah Lebaran

Baznas Kota Cirebon Salurkan Bantuan ASN untuk Pelaku UMKM

Pemkot Cirebon Upayakan Percepatan Vaksinasi Warga Lansia  

Vaksinasi Pelayan Publik di Cirebon Hampir Seratus Persen  

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image