Kamis 13 May 2021 21:13 WIB

Pendeta di Jayawijaya Ajak Umat Pelihara Toleransi Beragama

Pendeta Nimnius Agapa menyampaikan selamat kepada umat Muslim Jayawijaya.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Umat Katolik mengikuti perayaan ekaristi Hari Raya Paskah  di Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua (ilustrasi).
Foto: SEVIANTO PAKIDING/ANTARA
Umat Katolik mengikuti perayaan ekaristi Hari Raya Paskah di Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WAMENA -- Pendeta Nimnius Agapa di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua pada Kamis (13/5), mengajak umat Nasrani terus pelihara toleransi umat beragama yang sudah terbina dengan baik selama ini.

Ketua Wilayah Gereja Bethel Indonesia Kabupaten Jayawijaya tersebut mengatakan, keberagaman agama di Jayawijaya tidak harus menjadi penghalang pembangunan nilai iman dan spiritual masyarakat.

"Kerukunan umat beragama di Jayawijaya sudah berjalan dengan baik. Tidak ada konflik agama. Semuanya terjalin dengan baik. Karena itu biar situasi ini terus kita tingkatkan dan pelihara" kata Nimnius di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Kamis.

Dia menyampaikan selamat kepada umat Muslim Jayawijaya yang juga merayakan hari kemenangan puasa, pada saat yang sama dengan umat Nasrani memperingati hari kenaikan Tuhan Yesus. Nimnius berharap, doa puasa yang dilaksanakan umat Islam di bulan Ramadhan menjadi berkat bagi kaum  Muslim.

"Sebagai gembala, saya mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri untuk teman-teman Muslim, mohon maaf lahir dan batin," kata gembala GBI Golden Gate Jayawijaya tersebut.

Dalam khutbahnya pada ibadah peringatan kenaikan Isa Almasih di GBI Golden Gate Jayawijaya, Nimnius menyampaikan, walau Yesus telah naik ke surga namun Ia menurunkan roh kudus menyertai umat. "Hari ini kita bersyukur bahwa berkat kenaikan Tuhan, Dia pergi menyiapkan tempat bagi semua orang percaya, sebagaimana kata Tuhan bahwa "Dimana Aku berada, kamu pun berada", sesuai dengan kitab Yohanes 14:3," katanya.

Menurut dia, peringatan hari kenaikan Tuhan Yesus yang dilaksanakan umat Nasrani menjadi berkat. Sebab, menurut Nimnius, Tuhan telah naik ke surga dan menjadi imam besar bagi orang percaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement