Selasa 25 May 2021 07:31 WIB

Penyebab Southgate Belum Bisa Umumkan Skuad Inggris

Seharusnya, ia mengumumkannya hari ini.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manajer Inggris Gareth Southgate.
Foto: AP/Ben Stansall/POOL AFP
Manajer Inggris Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih tim nasional Inggris belum mengumumkan skuad Piala Eropa 2020. Pada Selasa (25/5), ia dijadwalkan merilis nama-nama jugador the Three Lions yang akan tampil pada ajang tersebut.

Namun, sejumlah faktor membuat Southgate berhati-hati dalam membuat keputusan. Pertama karena beberapa nama andalan, sedang mengalami cedera.

Berikutnya, lantaran klub-klub Negeri Ratu Elisabeth masih tampil di final Liga Europa dan Liga Champions. Sejumlah produk lokal terlibat dalam dua partai tersebut.

"Sebagai gantinya, Southgate akan membuat skuat sementara dengan jumlah yang lebih banyak sebelum sampai pada keputusan akhir dengan 26 pemain," demikian laporan yang dikutip dari Sky Sports, Selasa.

Sekitar 12 pemain Inggris, belum menyelesaikan urusan mereka di klub masing-masing pada musim ini. Itu karena keterlibatan segenap jugador tersebut, di final kompetisi benua biru.

Di final Liga Champions, dua wakil Negeri Ratu Elisabeth, Chelsea dan Manchester City bertemu. Duel tersebut berlangsung di Stadion Do Dragao, Porto, Ahad (30/5) dini hari WIB.

Kemudian di Liga Europa, Manchester United yang merupakan wakil Inggris, bakal meladeni ketangguhan Villarreal. Belum lagi persoalan cedera.

Sejumlah nama penting masih mendekam di ruang perawatan. Itu termasuk kapten Liverpool, Jordan Henderson, bek tengah MU, Harry Maguire, Kalvin Phillips (Leeds United), dan Nick Pope (Burnley).

UEFA menetapkan tanggal 1 Juni 2021 sebagai batas waktu bagi setiap negara mengirimkan nama pemainnya. Namun tetap ada kelonggaran.

Itu karena dunia masih dalam pandemi covid-19. Federasi Sepakbola Benua Biru sedikit mengubah aturannya.

"Itu memungkinkan setiap timnas bisa mengubah skuat mereka, sebelum pertandingan pertama di turnamen tersebut," tambah laporan dari Sky Sports.

Inggris tergabung di Grup D bersama Kroasia, Skotlandia dan Republik Ceko. Pertandingan pertama the Theree Lions, menghadapi Kroasia, pada 13 Juni 2021.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement