Diguyur Hujan, Dua Lokasi di Sukabumi Dilanda Bencana

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah

Bencana melanda sejumlah wilayah di Kota Sukabumi  (ilustrasi)
Bencana melanda sejumlah wilayah di Kota Sukabumi (ilustrasi) | Foto: dok bpbd sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Peristiwa hujan deras selama berjam-jam menyebabkan bencana di dua titik berbeda di Kota Sukabumi, Selasa (1/6) sore. Di mana ada sejumlah rumah warga yang terendam genangan banjir dari air yang meluap dari aliran sungai.

"Ada dua laporan kejadian bencana yang terjadi di Kecamatan Gunungpuyuh," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Imran Whardani kepada wartawan, Selasa malam. Lokasi pertama di Kampung Tegalpari RW 11 Kelurahan Gunungpuyuh, Kecamatan Gunungpuyuh.

Baca Juga

Di mana terang Imran, curah hujan dengan intensitas sangat tinggi menyebabkan talud sungai jebol. Hal ini mengakibatkan banjir dari kolam ikan akibat air dari sungai.

Sehingga kata Imran, air membanjiri rumah wrga yang ditempati Risris dan Yati. Luas wilayah yang terdampak bencana yakni 80x100 meter. Dalam kejadian ini dilaporkan tidak ada korban jiwa dan taksiran kerugian masih dalam perhitungan.

Titik lokasi bencana kedua yakni di Kampung Ciseureuh RT 02 dan RT 03 RW 05 Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh. Bencana ini pun akibat curah hujan dengan intensitas sangat tinggi. "Meluapnya Sungai Ciseureh diakibatkan tersumbatnya aliran sungai yang mengakibatkan banjir kerumah beberapa warga," terang Imran. Saat ini rumah yang terdampak dalam pendataan RW setempat.

BPBD kata Imran mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana mengingat tingginya intensitas hujan akibat cuaca ekstrem. Langkah tersebut untuk mencegah korban jiwa maupun kerugian materiil.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Wisatawan Diimbau tidak Berenang di Pantai Selatan Lebak

Jalur Alternatif Cipanas-Jonggol Terputus Akibat Longsor

BMKG: Tiga Wilayah Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan

4 Kecamatan di Kabupaten Bekasi Ini Rawan Longsor

Tanjung Selor Dikhawatirkan Terima Banjir Kiriman Besok

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image