Jumat 04 Jun 2021 16:47 WIB

Bupati Bandung Penuhi Janji Bangun Rutilahu

Tahun ini, 4.365 rutilahu akan diperbaiki.

Bupati Bandung HM Dadang Supariatna secara simbolis memberikan bantuan pembangunan empat unit rumah warga di Kampung Cideungkleuk, RT 01/RW 12, Desa Mekarsari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Kamis (3/6).
Foto: Istimewa
Bupati Bandung HM Dadang Supariatna secara simbolis memberikan bantuan pembangunan empat unit rumah warga di Kampung Cideungkleuk, RT 01/RW 12, Desa Mekarsari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Kamis (3/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bupati Bandung HM Dadang Supriatna menepati janjinya kepada warga yang rumahnya sempat menjadi korban kebakaran Maret 2021. Dalam rangka menepati janjinya, Kang DS, panggilan akrab Dadang Supriatna, meletakan batu pertama untuk pembangunan kembali empat unit rumah warga di Kampung Cideungkleuk, RT 01/RW 12, Desa Mekarsari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Kamis (3/6).

photo

Bupati Bandung HM Dadang Supariatna meletakan batu pertama pembangunan empat unit rumah warga di Kampung Cideungkleuk, RT 01/RW 12, Desa Mekarsari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Kamis (3/6). - (Istimewa)

Pemberian bantuan pembangunan rumah diserahkan secara simbolis oleh DS kepada perwakilan dari empat kepala keluarga yang mengalami musibah kebakaran. Selain berupa material, DS juga menyerahkan bantuan uang tunai dan perabotan dapur.

Menurut DS, bantuan serupa akan diberikan kepada warga di kecamatan lainnya yang terkena musibah kebakaran, maupun terdampak bencana alam. ‘’Janji pembangunan rumah warga yang terkena musibah, pertama direalisasikan di Cimaung. Karena memang saya pertama kali meninjau rumah warga yang terkena musibah di sini,’’ ujar DS.

Ketika itu, DS yang meninjau keempat rumah warga yang ludes terbakar, sempat berjanji untuk membantu pembangunannya. Setelh di Cimaung, pihaknya juga akan segera merealisasikan bantuan perbaikan rumah warga yang mendapat musibah bencana di wilayah lain, seperti di Ciwidey, Cimenyan, dan Kertasari.

Totalnya, ungkap DS, sekitar 100 rumah rusak akibat musibah kebakaran dan bencana, akan dibantu perbaikannya melalui skema perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) di Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung. ‘’Jadi, peletakan batu pertama rumah warga terdampak musibah kebakaran ini bukan sekedar seremonial, tetapi akan terus berkelanjutan sampai tuntas dan saya akan pantau progres perbaikannya," tambah DS.

Rencananya, program perbaikan rutilahu secara keseluruhan akan diluncurkan pada 10 Juni 2021. Kepala Disperkimtan Kabupaten Bandung Erwin Rinaldi menyebutkan, totalnya sebanyak 4.365 rutilahu akan direnovasi tahun ini.

‘’Dananya bersumber dari APBN, APBD Jabar dan APBD Kabupaten Bandung, termasuk Dana Aloksi Khusus (DAK) Bidang Perumahan,’’ kata Erwin. Sementara bantuan pembangunan kembali rumah warga korban kebakaran, kata Erwin, merupakan respons cepat dari bupati Bandung terkait penanganan rutilahu.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement