Jelang Dimulainya PTM, Vaksinasi untuk Guru Dikebut

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito | Foto: Satgas Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah terus mengebut pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap guru dan tenaga kependidikan. Langkah ini dilakukan demi memastikan realisasi pembelajaran tatap muka (PTM) bisa dilakukan optimal pada Juli mendatang, atau tepat saat mulainya tahun pelajaran 2021/2022. 

"Jadi, upaya vaksinasi terus dimasifkan baik melalui vaksinasi sesuai tahapan prioritas atau vaksinasi massal melalui distribusi vaksin siap pakai ke berbagai daerah di Indonesia. Perlu diingat bahwa pembukaan sektor pendidikan dilakukan bertahap sesuai kesiapan masing-masing daerah," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid Wiku Adisasmito dalam keterangan pers, Jumat (4/6). 

Baca Juga

Sebelumnya, Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menilai penting bagi pemerintah untuk melakukan pemetaan sekolah dan daerah mana yang belum divaksin. Melalui pemetaan ini, pemerintah diharapkan tidak gegabah untuk membuka sekolah.

Kemendikbudristek pun saat ini terus mendorong agar PTM di seluruh sekolah sudah bisa menjadi pilihan pada tahun ajaran baru pada Juli 2021. Saat ini, pemerintah masih berupaya menyelesaikan vaksinasi kepada lima juta guru. Sejauh ini, baru sekitar satu juta guru yang sudah divaksinasi.

Sebagai informasi, tiap sekolah yang hendak membuka PTM wajib melalui penilaian dan memenuhi daftar periksa protokol kesehatan (prokes). Selain itu, kapasitas pembelajaran tatap muka juga harus dikurangi 50 persen. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Guru yang Belum Divaksin Harus Ada Pemetaannya

Pemerintah Perlu Petakan Guru yang Belum Divaksin

Sebelum PTM, Semua Guru Harus Selesai Divaksin

P2G: Seluruh Guru Harus Divaksin Sebelum PTM

Pekalongan Harap Tahun Ajaran Baru Sekolah Laksanakan PTM

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image