Pelabuhan Cirebon Bisa Jadi Pintu Gerbang Ekspor Impor

Red: Bilal Ramadhan

Warga berkunjung ke KRI Dewaruci saat program Openship di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, Senin (1/3/2021). KRI Dewaruci yang sandar di pelabuhan tersebut menjadi perhatian warga yang ingin melihat kapal bertiang layar tinggi milik TNI AL itu.
Warga berkunjung ke KRI Dewaruci saat program Openship di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, Senin (1/3/2021). KRI Dewaruci yang sandar di pelabuhan tersebut menjadi perhatian warga yang ingin melihat kapal bertiang layar tinggi milik TNI AL itu. | Foto: ANTARA/Dedhez Anggara

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Bupati Cirebon, Jawa Barat Imron mengatakan jika pelabuhan bisa difungsikan semestinya terutama kegiatan pelayanan peti kemas, tentu akan menjadi gerbang ekspor impor, terutama untuk wilayah sekitar. Karena selama ini masih mengandalkan di Jakarta.

"Selama ini setiap kegiatan ekspor atau impor di Kabupaten Cirebon, semuanya harus melalui Jakarta. Kalau Pelabuhan Cirebon sampai berfungsi, ini artinya bakal menekan biaya," kata Bupati Imron.

Imron mengatakan tingkat perekonomian di wilayah Cirebon, masih rendah dibandingkan dengan wilayah priangan. Kondisi tersebut berlaku untuk tingkat kemiskinan, IPM, maupun jumlah pengangguran.Untuk itu Pelabuhan Cirebon bisa dimaksimalkan menjadi gerbang ekspor atau impor, karena daerah ini memiliki berbagai akses, baik jalur darat, kereta api, laut, serta udara.

"Kalau dekat, saya rasa pengusaha juga bakal ekspansi ke wilayah Cirebon. Intinya, harapan ini untuk memberikan manfaat kepada masyarakat," tuturnya.

Sementara pengusaha asal Cirebon Soenoto mengatakan, Pelabuhan Cirebon harus menjadi pelabuhan ekspor untuk mengurangi beban di Tanjung Priok, Jakarta, karena di sana sudah terlalu ramai.

Selain itu ia mendorong pihak pelabuhan untuk mengatasi permasalahan sedimentasi, sehingga nantinya kapal yang bersandar bisa dalam jumlah banyak dan meningkatkan aktivitas di pelabuhan.

"Beban jalan raya dari Cirebon menuju Jakarta akan berkurang. Kerugian akibat kerusakan jalan oleh armada pengangkut pun setiap tahunnya terus bertambah, Pelabuhan Cirebon adalah solusi," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pelabuhan Cirebon Diharap Jadi Pintu Gerbang Ekspor Impor

Kawasan Pelabuhan Cirebon Segera Ditata Jadi Wisata Sejarah

Menhub Antisipasi Kepadatan Kontainer di Tanjung Priok

Upaya Peningkatan Ekspor Nasional

Ekspor Impor di Pelabuhan Tanjung Priok Tumbuh Positif

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image