Polrestabes Bandung Siap Sikat Aksi Premanisme

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Markas Polrestabes Bandung (ilustrasi).
Markas Polrestabes Bandung (ilustrasi). | Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung siap menindak tegas aksi premanisme yang kerap mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kepala Satreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Adanan Mangopang mengatakan, pihaknya telah memerintahkan kepada para anggotanya melaksanakan instruksi tersebut sesuai arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Untuk tindakan premanisme, tanpa instruksi pak Kapolri sekalipun juga, ya bapak Kapolrestabes, dan pak Kapolda juga selalu mengingatkan kepada jajarannya untuk menindak tegas," kata Adanan di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (12/6).

Menurut dia, tindakan premanisme kerap meresahkan masyarakat bila terus dibiarkan. Sejauh ini, Satreskrim Polrestabes Bandung memang terus mencegah dan menindak adanya tindakan premanisme.

Di Kota Bandung, sambung dia, sebelumnya terjadi aksi premanisme di kawasan Gedebage yang melibatkan dua orang preman dan teknisi yang sedang melakukan perbaikan fasilitas publik. Saat itu, Unit Reskrim Polsek Gedebage langsung melakukan pencarian kepada pelaku yang wajahnya telah tersebar di media sosial.

Menurut Adanan, hal itu menjadi contoh, negara hadir untuk menindak aksi premanisme. Kedua preman tersebut akhirnya diringkus karena diduga melakukan pemerasan dan pengancaman. "Khususnya yang viral di Gedebage, itu berhasil kitaungkap, dan kita lakukan tindakan tegas, negara tidak boleh kalah dengan premanisme," kata Adanan.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono pada Jumat (11/6), memastikan, polisi akan menindak preman di seluruh daerah Indonesia dengan melakukan operasi premanisme. Menurut Argo, tindakan itu dilakukan setelah Polri meringkus 49 preman yang biasa memalak sopir kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Selain di Jakarta, operasi premanisme juga akan dilakukan di seluruh daerah di Indonesia. Suratnya ke Kapolda-Kapolda segera dikirim," kata Argo di Mapolda Jawa Timur, Kota Surabaya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Perawat di Bandung Jadi Korban Begal Kawanan Bermotor

Polisi Tangkap Pasutri Sembunyikan Sabu di Microwave

Polisi Ringkus Pembunuh Pemilik Toko Plastik di Bandung

Bos Plastik di Bandung Ditemukan Tewas dengan 9 Tusukan

Cegah Pemudik, Ribuan Personel Disiagakan di Kota Bandung  

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image