PMI Sukabumi Yakinkan Donor Aman Meski Saat Pandemi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

PMI Sukabumi Yakinkan Donor Aman Meski Saat Pandemi (ilustrasi).
PMI Sukabumi Yakinkan Donor Aman Meski Saat Pandemi (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Teguh Prihatna

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Momen Hari Donor Darah sedunia 14 Juni 2021 di Kabupaten Sukabumi diperingati dengan donor darah massal dari pendonor sukarela di PMI Sukabumi, Senin (14/6). Pada momen tersebut disampaikan aksi donor darah aman karena dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui Hari Donor Darah Sedunia diperingati setiap tanggal 14 Juni dan tahun ini bertemakan Donorkan Darahmu, agar Kehidupan Dunia Terjaga atau Give Blood and Keep The World Beating. Pada momen tersebut UTD PMI Kabupaten Sukabumi membagikan doorprize menarik untuk pendonor sukarela.

''Aksi ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah,'' ujar Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, Hondo Suwito kepada wartawan, Senin. Selain bisa membantu menyelamatkan nyawa seseorang donor darah juga meyehatkan bagi tubuh.

Diperingatinya Hari Donor Darah ini ungkap Hondo, adalah sebagai bentuk terimakasih kepada para donor darah yang sukarela mendonorkan darahnya demi membantu ketersedian stok darah di UTD PMI Sukabumi. Di samping itu mulai 1-30 Juni 2021, PMI melakukan sosialisasi donor darah dan mobile unit donor darah di beberapa tempat.

Menurut Hondo, PMI juga sudah bekerjasama dengan Pemkab Sukabumi, BPKSDM, rumah sakit dan instansi-intansi terkait lainya terkair donor darah. Langkah ini untuk melaksanakan intruksi dari bupati yang mendorong ASN dan masyarakat untuk melakukan donor darah.

''Allhamdulilah sampai saat ini UTD PMI Kabupaten Sukabumi sudah mendapatkan 700 ratusan lebih kantong darah,'' imbuh Hondo. Semoga hingga akhir bulan PMI bisa mendapatkan 1.500 lebih kantong darah.

Hondo menuturkan, rata-rata kebutuhan kantong darah di PMI di atas 1.500 lebih per bulan. Akan tetapi yang didapatkan masih di atas 1.000 perbulan dan jarang sekali mendapatkan kantong darah di atas 1.500 per bulan terkecuali pada moment-moment tertentu. 

Untuk masyarakat lanjut Hondo, jangan takut untuk berdonor meski di saat pandemi Covid-19. Sebab dalam pelaksanaannya PMI selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat yakni 5M, meyemprotkan cairan disinfektan sebelum maupun sesudah pelaksanaan donor darah digelar. 

''Harapannya di hari donor darah sedunia masyarakat makin sadar akan pentingnya donor darah,'' kata Hondo. Hal ini karena darah sangat dibutuhkan sekali oleh masyarakat dan kebutuhan kantong darah di Kabupaten Sukabumi bisa terpenuhi. 

Sehingga masyarakat tidak kesusahan bilamana membutuhkan darah. Istimewanya di hari donor darah sedunia ini UTD PMI Sukanumi membagikan doorprize menarik bagi para pendonor darah sukarela.

Untuk bisa mendapatkan kupon undian tersebut sambung Hondo, para pendonor bisa melakukan donor darah di UTD PMI Kabupten Sukabumi dan di tempat-tempat yang sudah di jadwalkan. Di mana informasi mengenai pemenang undian bisa langsung menghubungi media sosial UTD PMI Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


93 Kota/Kabupaten Belum Miliki Unit Transfusi Darah

Plasma Konvalesen 90 Persen Efektif Sembuhkan Pasien Covid

JK Ajak Masyarakat Jaga Ketersediaan 5,5 Juta Kantong Darah

Sleman Sempat Alami Krisis Stok Darah

Persediaan Darah di PMI Lebak Menipis

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image