Satpol PP Kota Bandung Buka Segel Gerai McD

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Fakhruddin

Satpol PP Kota Bandung Sudah Buka Segel McD (ilustrasi).
Satpol PP Kota Bandung Sudah Buka Segel McD (ilustrasi). | Foto: Republika/Meiliza Laveda

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Imbas promo McDonalds, BTS Meal berujung pada tiga gerai disegel oleh Satpol PP Kota Bandung. Kini tiga gerai tersebut sudah kembali dibuka.

Plt Kepala Bidang Ketertiban Umum Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung, Idris Suwendi menyebut pihaknya sudah melakukan pengecekan protokol kesehatan. Dari hasil tersebut, sudah dipastikan semua gerai mengikuti protokol kesehatan.

"Karena ketentuannya di luar tempat hiburan itu adalah sanksi berakhir setelah pelanggar memenuhi protokol kesehatan yang dilanggarnya," kata Idris di Balai Kota Bandung, Selasa (15/6).

Idris menyebut tiga gerai McD di Cibiru, Buah Batu dan Kopo Mas telah dibuka segelnya dan sudah kembali beroperasi. Satpol PP pun turut memberikan denda pada 12 gerai dengan besaran 500 ribu rupiah.

Idris memperingatkan bahwa jika ada kejadian serupa pasti akan kembali ditindak. Untuk ketentuan hukuman, akan dilihat apakah jenis pelanggaran tersebut.

"Pada saat kejadian, kami meminta keterangan dan khusus Kota Bandung kami meminta untuk dihentikan dan langsung dihentikan saat itu juga," kata Idris.

Idris menyebut tidak melarang kegiatan berniaga maupun promosi yang dilakukan oleh badan usaha. Namun harus sesuai dengan ketentuan yang ada apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti ini.

Di sisi lain, dari Januari hingga 14 Juni kemarin Satpol PP sudah mengumpulkan denda administrasi sebesar 83 juta rupiah. Angka tersebut berasal dari badan usaha yang tidak menjaga protokol kesehatan dan melewati jam operasional dan individu yang tidak menjaga protokol kesehatan.

"Bayangkan saja badan usaha denda 500 ribu dan perorang 50-100 ribu karena tidak menggunakan masker. Berapa ratus pelanggaran yang kita tindak," kata Idris.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Langgar Prokes, Polda Metro dan Satpol PP Segel Tiga Cafe

Satpol PP Yogyakarta: Kerumunan McD Sudah Terkendali

Kondisi Beberapa Gerai McD Sehari Setelah Kehebohan BTS Meal

Disalahkan Soal Antrean BTS Meal, Ini Reaksi Army

Satpol PP: Seluruh McD di Kota Bandung Dikenai Denda

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image