Setiap Kecamatan Kota Bandung Diminta Punya Tempat Isolasi

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Fakhruddin

Setiap Kecamatan Kota Bandung Diminta Punya Tempat Isolasi (ilustrasi).
Setiap Kecamatan Kota Bandung Diminta Punya Tempat Isolasi (ilustrasi). | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung meminta setiap kecamatan untuk memiliki tempat isolasi mandiri sendiri. Dari 30 kecamatan, hanya ada 15 kecamatan yang baru memiliki tempat isolasi mandiri.

Kepala Bagian Pemerintah Umum Kota Bandung, Hendrawan Setia Wiwaha menyebut sempat melakukan monitor pada tempat isolasi mandiri di Babak Ciparay. Dia menyebut kondisi tempat isolasi layak digunakan bagi warga sekitar yang memerlukan tempat isolasi mandiri.

"Di sana ada dua rumah yang dipakai, Alhamdulillah di sana ada tempat tidur, wc dan fasilitas pendukung lainnya," kata Hendrawan di Balai Kota Bandung, Selasa (15/6).

Hendrawan menyebut tempat isolasi mandiri ini harus memenuhi kriteria yang mendukung warga dengan orang tanpa gejala agar cepat pulih. Di antaranya adalah sirkulasi udara, pencahayaan, dan toilet pribadi.

"Jadi itu sudah ada SOP-nya sendiri melalui puskesmas sesuai Dinas Kesehatan Kota Bandung," kata Hendrawan.

Hendrawan menyebut 30 kecamatan diminta untuk memiliki tempat isolasi mandiri masing-masing. Mengingat lonjakan kasus Covid-19 di Kota Bandung yang kian masif.

"Kami minta seluruh camat untuk setiap wilayah menyiapkan ruang isoman, mudah-mudahan semua kecamatan punya tempat isoman, minimal satu dulu saja," kata Hendrawan.

Hendrawan menyebut tempat isolasi mandiri itu bisa menjadi antisipasi bila tempat isolasi mandiri dari pemerintah penuh. Sehingga ketika terjadi lonjakan, setiap kecamatan sudah siap untuk membantu warganya.

"Sementara dari 30 kecamatan terus berupaya, antisipasi lonjakan pandemi, tempat-tempat ini bisa digunakan, kalau tempat pemerintah sudah penuh, ya ini antisipasinya," kata Hendrawan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


BNPB Alihkan Kendali Fasilitas Isolasi Mandiri ke Pemda

Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di Tangerang Overload

Anies: Pemerintah akan Tambah Fasilitas Isolasi Mandiri

Pemkab Kudus Keluarkan Kebijakan 5 Hari di Rumah Cegah Covid

Anggota DPRD Surabaya Terpapar Covid-19 Telah Ditangani

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image