Aktivitas Kuliner Dago Sukabumi Dihentikan Sementara

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih

Kawasan pedestrian Jalan Ir Djuanda (Dago) Kota Sukabumi.
Kawasan pedestrian Jalan Ir Djuanda (Dago) Kota Sukabumi. | Foto: Republika/riga nurul iman

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Aktivitas berjualan pedagang di kawasan kuliner Jalan Ir Djuanda (Dago) Kota Sukabumi untuk sementara dihentikan mulai Senin (21/6). Ada sebanyak dua orang pedagang yang dinyatakan positif Covid-19.

''Betul ada dua pedagang di Dago yang positif Covid-19,'' ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Lulis Delawati, Senin.

Baca Juga

Rencananya akan dilakukan swab massal kepada pedagang sekitar Dago pada Selasa (22/6). Hal ini bagian dari tracing yang dilakukan dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Para pedagang di sekitar Dago akan diswab.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, para pedagang di Dago untuk sementara ini mereka diminta untuk libur terlebih dahulu. '' Mereka terlebih dahulu akan melaksanakan swab massal untuk memastikan keamanan,'' ujar dia.

Nantinya kata Fahmi, mereka baru boleh berdagang lagi setelah hasil swabnya keluar. Namun akan melakukan penataan agar lebih berjarak sehingga tidak terjadi kerumunan.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi Agus Wawan Gunawan mengatakan, sebelum aktivitas pedagang diliburkan terlebih dulu dilaksanakan pertemuan dengan perwakilan ledagang melalui paguyuban dan pengurus Karang Taruna. Pertemuan tersebut untuk menyamakan persepsi dan ada beberapa poin hasil dari musyawarah yang telah disepakati.

Intinya ungkap Agus, mulai hari Senin sekarang untuk tidak berjualan sampai tanggal 30 Juni. Selain itu pada Selasa semua pedagang dilakukan swab dan dipahamkan betul agar menyadari tentang arti penting kesehatan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Ivermectin Bisa Cegah dan Obati Covid-19?

Penyintas Covid-19 Banyak yang Kena Masalah Pencernaan

38 Puskesmas Depok Layani Vaksinasi Covid-19 Usia 18 Tahun

Sehari 13 Warga Indramayu Meninggal Akibat Covid-19

Pemkot Tasikmalaya Tutup Jalan di Pusat Kota

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image