Senin 21 Jun 2021 17:58 WIB

Pangandaran Siapkan Sungai Baru Untuk Wisatawan

Sungai Ciputrapinggan akan memperkaya destinasi wisata Pangandaran

Tokoh Pangandaran yang juga mantan Menteri Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti (kanan) sedang menyosialisasikan rencana objek wisata baru Sungai Ciputrapinggan di Pangandaran, belum lama ini.
Foto: Istimewa
Tokoh Pangandaran yang juga mantan Menteri Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti (kanan) sedang menyosialisasikan rencana objek wisata baru Sungai Ciputrapinggan di Pangandaran, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Tidak lama lagi akan hadir spot objek wisata yang akan memperkaya wahana Pariwisata Kabupaten Pangandaran. Sungai Ciputrapinggan yang memisahkan Kecamatan Kalipucang dan Kecamatan Pangandaran bakal dikemas menjadi destinasi objek wisata baru.

Gagasan tersebut telah diwacanakan oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan mantan Menteri Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti. Bentangan Sungai Ciputrapinggan dari Desa Sukahurip dan Desa Putrapinggan di Kecamatan Kalipucang itu, akan bermuara di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, tepatnya di pantai timur Pangandaran.

Wacana hadirnya objek wisata baru itu dilahirkan dari hasil diskusi antara Jeje dan Susi. Jeje mengaku sempat diajak menyisir Sungai Ciputrapinggan oleh Susi Pudjiastuti dengan menggunakan perahu. Selama perjalanan, Jeje dan Susi berbincang tentang konsep pengembangan destinasi wisata baru yang bisa diminati pengunjung.

‘’Jalur Sungai Ciputrapinggan alamnya sangat bagus, dan akan indah jika dikembangkan untuk destinasi wisata Pangandaran,’’ papar Jeje. Kata dia, Pemkab Pangandaran tertarik untuk mendesain objek wisata air atau tirta baru di Sungai Putrapinggan.

Dikatakan Jeje, selama ini wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran relatif sudah cukup bagus. Saat ini, pihaknya tengah menggali potensi alam yang bisa dijadikan objek wisata baru. Semakin banyak objek wisata, maka akan semakin menarik para wisatawan. 

Dalam waktu dekat ini, sambung Jeje, Pemkab Pangandaran akan segera menata Sungai Ciputrapinggan sebagai objek wisata baru. Dalam rangka menghadirkan objek wisata Sungai Putrapinggan, pihaknya  telah meminta masyarakat melalui camat dan kepala desa sekitaran Sungai Ciputrapinggan, untuk selalu menjaga kebersihan sungai.

‘’Sungai (Ciputrapinggan) ini bagus. Saya serahkan kepada camat, tanggal 1 Juli 2021 nanti kondisi Sungai Putrapinggan sudah dibersihkan,’’ tambahnya.

Camat Pangandaran Yadi Setiadi mengatakan, Kecamatan Kalipucang dan DLHK akan gencar membersihkan Sungai Ciputrapinggan, sesuai yang diinstruksikan bupati Pangandaran. ‘’Kami terus edukasi agar jangan membuang sampah dan limbah rumah tangga sembarangan, apalagi ke sungai," ujarnya.

Camat Kalipucang Nana Sukarna menambahkan, panjang sungai yang akan dibuat untuk objek wisata tirta mencapai tiga Kilometer. Wilayah Sungai Ciputrapinggan yang masuk Kecamatan Kalipucang, sambung dia,  sampai ke muara itu dua kilometer. ‘’Kami siap menindaklanjuti instruksi bupati, agar Sungai Ciputrapinggan segera di-launching.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement