RSUD Kawali Ciamis Disiapkan untuk Tangani Pasien Covid-19

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya | Foto: Tangkapan Layar

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis mempersiapkan operasional RSUD Kawali untuk penanganan pasien Covid-19. Langkah itu dilakukan sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, RSUD Kawali sudah mendapat rekomendasi operasional. Karena itu, rumah sakit yang baru selesai tahap pembangunan itu sudah dapat beroperasi. Apalagi, menurut dia, fasilitas dan paramedis di rumah sakit itu sudah siap menangani pasien Covid-19.

“Rekomendasi RSUD Kawali bisa digunakan untuk perawatan pasien Covid-19 baru beberapa hari diterima," kata dia, melalui keterangan resmi, Selasa (22/6).

Selain RSUD Kawali, Herdiat menambahkan, sejumlah puskesmas di Kabupaten Ciamis juga akan difungsikan menjadi ruang perawatan pasien Covid-19. Ia juga meminta satgas di setiap desa kembali mengaktivasi tempat isolasi terpusat untuk pasien Covid-19.

Direktur RSUD Kawali, Yosi Garniwa mengatakan, tempatnya akan mulai beroperasi pada Rabu (23/6). "RSUD Kawali akan menjadi RS yang merawat pasien Covid-19 sebagai antisipasi kondisi sekarang di mana BOR (bed occupancy rate) RS sudah tinggi di Ciamis," kata dia.

Yosi menambahkan, untuk sementara ini, RSUD Kawali hanya akan difungsikan untuk penanganan pasien Covid-19. Rencananya, pasien terkonfirmasi positif yang saat ini diisolasi di Islamic Center Kabupaten Ciamis akan dipindahkan ke RSUD Kawali.

Sementara itu, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis hingha Senin (21/6) berjumlah 5.453 kasus. Sebanyak 5.091 orang telah dinyatakan sembuh, sebanyak 22 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit, 120 orang isolasi mandiri, dan 220 orang meninggal dunia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Tingkat Keterisian RS Covid Lebihi Standar WHO, Jabar Siaga

Ridwan Kamil Masih Bisa Bercanda Menghadapi Pandemi

Kasus Penularan Covid-19 Meningkat Lagi di Kota Bandung

Guru Ngaji dan Imam Masjid di Ciamis bakal Dapat Tunjangan

Satgas Desa di Ciamis Diminta Periksa Pemudik Dini  

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image